Bg

KOMSASI, BIPA dan Asosiasi Mahasiswa Thailand se-Soloraya Pererat Hubungan dengan Solo Games

Diterbitkan tanggal 24 Desember 2017

SINAR- KOMSASI (Komunitas Mahasiswa bahasa dan Sastra Indonesia)  dan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Surakarta bekerjasama dengan asosiasi mahasiswa Thailand se-Soloraya  menyelenggarakan kegiatan  Solo Games, Minggu (24/12) bertempat di lapangan voli, lapangan futsal, dan Sport Dome IAIN Surakarta. Mengangkat tema Cross Culture Understanding lomba yang diadakan kali ini meliputi olahraga voli, sepak takrau, bulu tangkis, chaibong, balap karung, tarik tambang, makan pisang, dan injak balon.

Total seluruh peserta lomba mencapai tujuh puluh lima peserta yang terdiri dari berberapa Universitas di Soloraya diantaranya Universitas Veteran Sukoharjo, Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan IAIN Surakarta sendiri selaku tuan rumah.

Mereka terbagi dalam tiga cabang organisasi mahasiswa Thailand se- Soloraya, yaitu TISOS (Thai Student Organisation Of Surakarta), IPMITI (Ikatan Persaudaraan Islam Thailand di Indonesia), dan PERMAI (Persatuan Mahasiswa Azistan di Indonesia). Masing-masing dari organisasi tersebut terbentuk secara berbeda. TISOS dari pemerintah Thailand, AZISTAN dari para alumni Sekolah di Azistan, dan IPMITI dari Yayasan Lukmanul Hakim.

Kegiatan ini disambut baik oleh wakil ketua BIPA IAIN Surakarta, Elita Ulfiana, S.S. M.A. Dalam sambutannya Ulfiana sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Harapan untuk kedepannya kegiatan semacam ini rutin dilaksanakan agar lebih mengakrabkan para mahasiswa Thailand dan mahasiswa Indonesia. Selain itu, pada tahun 2018 mendatang pertandingan yang akan diselenggarakan tidak hanya dalam ranah olahraga. Melainkan pertandingan dalam ranah akademik untuk bahasa Indonesia tingkat Internasional, yang  meliputi debat bahasa Indonesia, Pidato bahasa Indonesia dan baca Puisi bahasa Indonesia serta lomba-lomba kebahasaaan lainnya.

Kegiatan ini kali pertama dilakukan oleh mahasiswa Thailand. Adul Maniwit selaku ketua Tiga Warna dari organisasi yang terdiri dari warna merah, kuning, dan biru ini dalam sambutannya beliau memberi semangat kepada para mahasiswa Thailand. Selain itu Maniwit mengatakan bahwa, meskipun dalam berorganisasi kita berbeda tetapi kita tetap satu negara, yaitu Thailand. (Zat/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Aulia Normalita
Foto: Aulia Normalita

Komentar ditutup.