Bg

Konferensi AIUA – Asian Islamic Universities Association/رابطة جامعات اسيا الاسلامية

Diterbitkan tanggal 6 Juli 2018

SINAR- Universitas-universitas Islam Asia yang tergabung dalam AIUA (Asian Islamic Universities Association/رابطة جامعات اسيا الاسلامية) melakukan konferensi yang kedelapan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada 3-5 Juli 2018 yang bertemakan Conference on Higher Education, AIUA Strategic Plan Workshop Commitees.

Asosiasi yang beranggotakan sekitar 63 Perguruan Tinggi di Asia dari Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Philpina dan sebagainya ini sedang dalam tahap mematangkan konsep pengembangan Perguruan Tinggi Islam di Asia melalui jalinan kerjasama antar Perguruan Tinggi anggotanya, baik melalui kerjasama dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, pertukaran dosen dan mahasiswa, publikasi karya ilmiah, dan juga pengembangan penjaminan mutu dan akreditasi Internasional yang mengakomodir kekhasan dan keunikan perguruan tinggi keagamaan islam di Asia.

Untuk mematangkan konsep-konsep tersebut peserta konferensi melakukan kerja pembahasan draft AIUA Strategic Plan yang meliputi 7 bidang; Joint Degree, Join Research, Business Economic Partner,  Knowledge Dissemination, Joint Award, Student Exchange, dan AIUA-QA Framework. Kerja peserta konferensi dalam 7 komisi kemudian dibahas dalam sidang pleno yang dihadiri seluruh peserta dan dipimpin oleh Presiden AIUA, yaitu Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D.

Konferensi kemudian ditutup dengan penandatanganan kerja sama (MoU) antar PTKI Indonesia yang hadir dengan perguruan tinggi keagamaan islam dari negara lain yang  juga menjadi peserta dalam konferensi tersebut.

IAIN Surakarta yang sudah menjadi anggota AIUA sejak 2016 sangat beruntung bisa menjadi salah satu peserta aktif dalam konferensi tersebut dengan mengirim delegasi Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Mudofir, M. Pd dan Ketua LPM IAIN Surakarta, Dr. Muh. Nashirudin, MA. M. Ag. IAIN Surakarta juga melakukan kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Islam dari Malaysia dan Brunei Darussalam di kesempatan tersebut. Kehadiran IAIN Surakarta dalam konferensi tersebut diharapkan dapat memberikan sumbangan yang positif bagi IAIN Surakarta secara kelembagaan dengan menindaklanjuti hasil MoU yang dilakukan dan menargetkan akreditasi Internasional di masa yang akan datang. (Gie/Humas dan Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.