Bg

Konferensi Ilmiah LP2M Bahas Optimalisasi Peran LP2M PTKI

Diterbitkan tanggal 5 Oktober 2016

SINAR-Optimalisasi Peran Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menjadi tema yang diangkat dalam konferensi ilmiah LP2M tingkat nasional pada Selasa-Rabu (4-5/10). Kegiatan yang dimotori oleh LP2M Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta ini mendatangkan Dr. H. Mamat Salamat Burhanuddin (Kasubdit Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat Diktis Kemenag RI) sebagai Keynote Speech serta Prof. Dr. Ir. Woro Busono (Ketua LP2M Universitas Brawijaya Malang) dan Prof. M. Arskal Salim GP, M.A., Ph.D (Ketua LP2M UIN Jakarta) selaku narasumber.

Ketua LP2M IAIN Surakarta, Dr. Purwanto, M.Pd mengatakan bahwa tujuan konferensi ilmiah ini adalah untuk menghadirkan sebuah pencerahan dan saling bertukar informasi dalam hal pengelolaan LP2M sehingga dalam perjalanannya kedepan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat bagi perkembangan lembaga serta dapat memberi masukan bagi pemangku kebijakan.

Berbicara mengenai optimaslisasi peran LP2M, Kasubdit Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat mengingatkan kepada seluruh pengelola LP2M untuk senantiasa memegang teguh tugas dan fungsi LP2M yaitu bahwa Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan three in one kegiatan pokok perguruan tinggi yang harus mendapatkan porsi perhatian yang sama; Penelitian dan Pengabdian masyarakat dikembalikan untuk pengutan dan pengembangan rumpun keilmuan; Pengabdian Kepada Masyarakat harus dilaksankan dalam konteks riset aksi dan pengembangan keilmuan.

Dengan berpegang teguh pada tugas dan fungsi tersebut maka peran LP2M PTKI dapat memberikan alternatif solusi melalui penelitian terhadap peningkatan mutu layanan, peningkatan taraf hidup masyarakat, dan good governance dalam sektor pendidikan dan kelembagaan islam.

Sementara itu baik Prof. Woro dan Prof. Arskal dalam paparannya terkait strategi, tantangan, dan peluang LP2M PTKI kedepan, mereka menitikberatkan pada program-program yang harus tersusun secara matang dan dikelola oleh para profesional yang harus memiliki visi dan misi selaras dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (Gus/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.