Bg

Kuliah Umum Sastra, Prodi TBI Hadirkan Pemateri dari Balai Bahasa Jawa Tengah

Diterbitkan tanggal 4 Juni 2021

SINAR- Jumat (04/06)-Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) menyelenggarakan seri kuliah umum dengan tujuan memberikan pengetahuan baru dari sudut pandang yang lebih luas kepada mahasiswa. Pentingnya materi sastra mendapat perhatian serius dari prodi, sehingga terselenggaralah seri kuliah yang mencakup 2 mata kuliah, yakni sejarah sastra dan apresiasi prosa fiksi.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama Prodi TBI dengan Balai Bahasa Jawa Tengah. Oleh karena itu, semua pemateri dari seri kuliah nanti berasal dari Balai Bahasa Jawa Tengah. Pada seri pertama ini topik yang dibahas adalah sastra di era internet dengan pemateri Dian Respati Pranawengtyas, S.S., M.Pd. selaku ahli analisis kata dan istilah dari Balai Bahasa Jawa Tengah, dengan moderator Laksito Jati yang merupakan mahasiswa TBI.

Pada kesempatan tersebut, beliau menjelaskan mengenai geliat perkembangan sastra di era internet. Sastra di tengah arus kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ditunjukkan dengan peralihan sumber media baca dan tulis. Dikatakan demikian, karena saat ini mahasiswa tidak hanya dapat membaca karya sastra melalui buku di perpustakaan, akan tetapi juga dalam bentuk buku digital dengan format PDF yang dapat diunduh melalui internet. Mereka juga dapat menulis karya berupa puisi, cerpen, atau karya sastra lain dalam bentuk web blog. Kepraktisan ini hadir sebagai dampak dari kemajuan media digital yang memudahkan mahasiswa untuk lebih melek literasi baca tulis melalui teknologi digital.

Kegiatan kuliah daring bersama Balai Bahasa Jawa Tengah ini diikuti oleh dosen dan seluruh mahasiswa TBI, khususnya semester 2. Kuliah diakhiri dengan diskusi interaktif antara pemateri dengan mahasiswa. Untuk kuliah selanjutnya akan dijadwalkan dengan pemateri dan topik yang berbeda. (Gie/ Humas Publikasi)

Sumber: Tiya Agustina

Komentar ditutup.