Bg

Kunjungan UIN RM Said Surakarta – Institut Agama Islam (IAI) Tazkia Bogor

Diterbitkan tanggal 1 Desember 2021

SINAR- Rabu, (01/12) Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Raden Mas Said Surakarta dipimpin langsung oleh Prof. Dr. KH. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama didampingi oleh Kabag Akademik dan Kemahasiswaan PR Rudi Hartono, AKS., dan Ketua ISIO, Zaenal Muttaqin, M.A., Ph.D, serta Sub Bagian kemahasiswaan, Alumni dan kerjasama mengunjungi Institut Agama Islam (IAI) Tazkia silaturahim dalam rangka MoU dan MoA antar sesama lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Mengawali kegiatan ini, rombongan UIN Raden Mas Said Surakarta berangkat pada hari Senin, 29/11/2021 pukul 09.00 menuju Bandung untuk memperdalam pengelolaan pesantren di Pondok Pesantren Darul Tauhid Gegerkalong Bandung. Pada hari berikutnya, perjalanan di lanjutkan ke Bogor, dan sampai di Bogor pada pukul 22.00 WIB. Hari Rabu pagi, dilanjutkan kunjungan ke Institut Agama Islam (IAI) Tazkia berangkat dari penginapan pada pukul 08.00 tiba di lokasi pukul 09.00 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan dan Gema Qurani dari salah satu mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Tazkia.

Prof. Dr. KH. Syamsul Bakri, S.Ag, M.Ag, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Raden Mas Said Surakarta dalam mengawali sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan untuk menyambung persaudaraan sesama PTKI dan saling membagi pengalaman baik di bidang kemahasiswaan, kepesantrenan dan sebagainya. Beliau, juga menyampaikan profil singkat perjalanan kampus dari berstatus STAIN – IAIN hingga sekarang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta.

Adapun agenda inti adalah penandatanganan MoU dan MoA antara UIN Raden Mas Said Surakarta dengan Institut Agama Islam (IAI) Tazkia Bogor. Penandatanganan kerjasama langsung oleh Rektor Institut Agama Islam (IAI) Tazkia, Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc., CFP, didampingi Dekan FEBI, Dr. Afif Zaerofi; Kaprodi AKS, Grandis Imamahendra, M.Sc (Acc) dan beberapa pejabat lainnya.
Pada pertemuan ini Rektor Institut Agama Islam (IAI) Tazkia menyampaikan, bahwa beberapa sistem mengadopsi dari IIM (International Islamic Malaysia) dan menerapkan program 5T, yaitu: tahsin, tahfidz, tarjamah, tafsir, dan tathbiq. Di samping itu, beliau juga menyampaikan keterangan falsafah logo kampus Institut Agama Islam (IAI) Tazkia. Tidak lupa beliau juga menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan rombongan UIN Raden Mas Said Surakarta serta juga berencana akan bersilaturahmi ke UIN Raden Mas Said Surakarta.

Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi antar pimpinan. Diskusi berlangsung secara hangat membahas mahasiswa asing, UKT atau biaya studi, kerja sama perguruan tinggi, beasiswa, program pembinaan kemahasiswaan, pengelolaan Ma’had, dan lain-lain. Kedua pimpinan bersepakat untuk menindaklanjuti pengembangan kerjasama, baik di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta bidang-bidang lainnya yang menunjang capaian visi, misi dan tujuan kedua lembaga. (Nughy/ Humas Publikasi)

Sumber: Amin Kemahasiswaan

Komentar ditutup.