Bg

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Arjuna Mengisi Libur Kuliah dengan Sekolah Jurnalistik

Diterbitkan tanggal 15 Januari 2020

SINAR- LPM Arjuna FIT IAIN Surakarta mengadakan Sekolah jurnalistik ditengah masa libur semester genap perkuliahan. Rabu, (15/01). Sekolah jurnalistik yang pertama ini mengangkat tema “Belajar design melalui smartphone untuk feed Instagram”. Kegiatan tersebut bertempat di Monumen Gempa Bumi Cepokosawit, Boyolali.

Tujuan dari Sekolah Jurnalistik kali ini adalah melatih kemampuan anggota LPM Arjuna dalam bidang layout dan fotografi. Sehingga mereka berani membuat karya yang nantinya disajikan untuk masyarakat internal dan eksternal kampus.

Sekolah Jurnalistik diikuti oleh belasan anggota LPM Arjuna, dimana dalam belajar mengedit didampingi oleh kakak senior organisasi Vira Febriana selaku Ketua Bidang Pelaksana Media Sosial, Rani Alindasari selaku Pimpinan Redaksi dan Dea Utama Putra selaku Pimpinan Umum LPM Arjuna.

Acara ini diawali dengan mendalami sejarah berdirinya monumen gempa bumi, supaya mempermudah menyampaikan informasi singkat dari hasil karya mereka. Kemudian dilanjutkan mengambil spot foto tentang monumen yang nantinya akan diedit. Pelatihan ini menggunakan aplikasi PixelLab. Hasil foto yang mereka ambil kemudian diedit sesuai kreasi masing-masing peserta. Hasil karya mereka nantinya akan di post di Instagram LPM Arjuna.

Para peserta begitu antusias dalam kegiatan ini, khususnya bagi mereka yang masih awam tentang mengedit gambar. Antara satu dengan yang lain saling membantu untuk menyelesaikan tugas membuat feed Instagram. “Alhamdulillah dapet ilmu baru, dapet temen baru, kenal sama temen jadi lebih deket, bisa QnA juga, dan yang paling penting tambah ilmu desain dan fotografi” ujar Bayu salah satu peserta.

Kakak senior begitu sabar dan ikhlas dalam memberikan arahan kepada adik-adiknya, sehingga proses pelatihanpun tergambarkan keakraban mereka, tidak hanya sebatas senior dan junior, melainakan kekeluargaan di LPM Arjuna itu sendiri.

Dea Utama selaku Pimpinan Umum menyampaikan ” Acara ini intinya menambah ilmu jurnalistik tentang fotografi & rilis, sengaja tempatnya dimonumen gempa bumi ini untuk nambah wawasan juga tentang tempat bersejarah tersebut”.

Acara ini tidak hanya sekolah jurnalistik saja. Sebagai bentuk pengakraban, acara dilanjutkan dengan mengunjungi rumah salah satu anggota LPM Arjuna dan dilanjutkan ke Kebun Raya Indrokilo Boyolali. Kakak senior berharap bahwa setelah acara ini, chemistry antar anggota bisa tercipta sehingga memperlancar kinerja kedepan dalam kepengurusan. (Gie/humas Publikasi)

Sumber: Syifa Riani dan Novitsa / LPM Arjuna

Komentar ditutup.