Bg

LP2M IAIN Surakarata Mengadakan Refreshment Metodologi PAR

Diterbitkan tanggal 18 Agustus 2015

SINAR – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Transformatif sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat adalah kegiatan penting yang harus selalu ditingkatkan dan dikembangkan. Oleh karena itu Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta sebagai penyelenggara KKN mengadakan refreshment metodologi Participatory Action Research (PAR) bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Transformatif, Jum’at (14/8), dengan narasumber Dr. Imam Makruf, M. Pd., Dr. Muh. Nashiruddin, M. Ag dan Drs. Abdullah Faishol, M. Hum.

refresment DPLTujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan penyegaran kembali kepada para DPL, akan apa yang harus diperhatikan dan dijalankan dalam mendampingi mahasiswa KKN Transformatif khususnya dalam pelaksanaan PAR di masyarakat, terang ketua panitia Fathan, M.Si.

Hery Setiyatna, M.Pd selaku ketua LP2M dalam sambutanya menyampaikan bahwa dengan refreshment penguatan aspek metodologis PAR ini diharapkan agar program KKN bukan sekedar kegiatan akademis semata, tetapi dengan bimbingan para DPL mahasiswa benar-benar mampu melaksanakan pemberdayaan masyarakat secara nyata. Jadi mahasiswa dapat melihat langsung problem sosial keagamaan dan sosial budaya serta upaya pemecahan masalahnya secara partisipatif.

Sementara itu Pjs. Rektor IAIN Surakarta Dr. Imam Sukardi, M.Ag., sangat mendukung kegiatan ini sehingga DPL dapat mendampingi mahasiswa dengan tepat. Selain itu dia juga mengharapkan bahwa KKN Transformatif dengan basis pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan lebih luas lagi, yaitu dengan meningkatkan kerjasama dengan universitas-universitas di luar negeri. Sehingga mahasiswa tidak hanya mengetahui problem sosial kemasyarakatan di dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri. (Muntaha)

Komentar ditutup.