Bg

LP2M IAIN Surakarta Gelar Seminar Metodologi Penelitian

Diterbitkan tanggal 27 Mei 2015

SINAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menyelenggarakan seminar metodologi penelitian dosen dengan tema Reformulasi Agenda Riset Islamic Studies: Konteks, Prospek dan Praktek, pada Senin (25/5) bertempat di Aula Pascasarjana.

seminar metodologi penelitian dosen LP2MMeneliti merupakan bagian dari tugas seorang dosen yang akan terus melekat, sekiranya hal tersebut yang melatarbelakangi LP2M menyelenggarakan kegiatan tersebut. Seminar ini menjadi semacam forum untuk mengasah, mengingatkan, juga menyegarkan pemikiran para dosen, terang Hery Setiyatna, M. Pd., selaku ketua LP2M IAIN Surakarta.

Hery menambahkan, penajaman kemampuan metodologi riset sangat dibutuhkan untuk para dosen. Kemampuan itu akan bisa ditularkan pada mahasiswa untuk pembimbingan penulisan karya ilmiah.

Prof. Dr. Irwan Abdullah, mantan direktur sekolah pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, kali ini didapuk menjadi seorang narasumber. Beliau ahli di bidang Sosio Antropologi. “Dosen dan penelitian itu tidak dapat dipisahkan. Menulis adalah sebuah keharusan dan merupakan skill yang harus terus diasah,” tutur Irwan dihadapan puluhan dosen IAIN Surakarta. Sebuah tulisan itu bermula sebagai pengetahuan (knowledge) yang akan bergeser menjadi sebuah kearifan (wisdom) dan berdampak pada sebuah kebijakan (policy). Tiga hal itulah yang menurut Irwan mengapa penelitian itu sangat penting dilakukan.

Rektor IAIN Surakarta, Dr. Imam Sukardi, dalam pembukaannya mengharapkan akan adanya sebuah kerjasama dengan UGM terkait dengan penelitian. (Yin)

Komentar ditutup.