Bg

Mahasiswa Bidikmisi IAIN Surakarta Berkesempatan Mengikuti Pendidikan Instruktur Nasional Moderasi Beragama (PIN-MB)

Diterbitkan tanggal 2 Januari 2020
Foto Bersama:
Sri Ayu Ratnasari (Prodi Psikologi Islam) dan Muhammad Nurkapit (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) berkesempatan mengikuti Pendidikan Instruktur Nasional Moderasi Beragama (PIN-MB)

SINAR – Mahasiswa Bidikmisi IAIN Surakarta, Sri Ayu Ratnasari (Prodi Psikologi Islam) dan Muhammad Nurkapit (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) berkesempatan mengikuti Pendidikan Instruktur Nasional Moderasi Beragama (PIN-MB).

Kegiatan yang digagas Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama itu, berlangsung di Jakarta, 27 hingga 31 Desember 2019. Diikuti oleh 100 peserta terpilih yang sudah diseleksi oleh tim dari kemenag.

PIN-MB ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu dosen dan mahasiswa. Kelas dosen dilaksanakan di Pusdiklat Ciputat, Jakarta. Sementara kelas mahasiswa dilaksanakan di Parung Bogor, Jawa Barat.

Penyelenggaraan PIN-MB tahun ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya. Pada kegiatan ini, kemenag langsung memanggil by name nama-nama mahasiswa PTKIN terbaik, baik dari unsur DEMA, Bidikmisi dan lainnya.

Kedua mahasiswa delegasi dari IAIN Surakarta tersebut mengaku termotivasi untuk mengikuti kegiatan tersebut, mengingat tingginya tingkat radikalisme dan ekstremisme di perguruan tinggi.

“Karena kondisi demikian, mahasiswa harus bergerak melawan segala bentuk ekstremisme, radikalisme dan terorisme tersebut,” kata Ayu Ratna, Kamis (2/1) pagi.

Terlebih lagi, lanjut Nurkapit, bahayanya paham radikalisme sudah mulai merambah ke perguruan tinggi dan menggurita. Tidak hanya pada tatanan mahasiswa, tapi juga dosen.

Karena itu terkait kegiatan PIN-MB tersebut menurut keduanya, akan ada rencana tindak lanjut di kampus masing-masing.

Komentar ditutup.