Bg

Mahasiswa IAIN Surakarta Siap Mengabdi di Karanganyar

Diterbitkan tanggal 4 Juli 2018

SINAR- Karanganyar (4/7), Sebanyak 1465 mahasiswa IAIN Surakarta mengikuti acara penerimaan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Karanganyar yang bertempat di Gedung Dharma Wanita Karanganyar. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, MM beserta jajarannya dan juga Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Mudhofir, S.Ag., M.Pd.

“Ini adalah KKN pertama yang diadakan di Kabupaten Karanganyar, jadi harap diterima dengan baik oleh warga Karanganyar”, kata Dr. Mudhofir dalam sambutannya. Tahun 2018 ini adalah tahun pertama IAIN Surakarta menyelenggarakan KKN di Kabupaten Karanganyar, yang tersebar di beberapa kecamatan, seperti Kec. Jatiyoso, Kec. Tawangmangu, Kec. Jumapolo, dan Kec. Karanganyar. Tahun-tahun sebelumnya KKN diselenggarakan di Kabupaten lain, seperti tahun 2017 lalu KKN dilaksanakan di Kabupaten Sukoharjo.

Tahun ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Surakarta (LP2M) Surakarta mengambil tema Kuliah Kerja Nyata Transformatif Berbasis Masjid (KKNT-BM). KKN merupakan salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. KKN wajib dilakukan bagi setiap mahasiswa yang berada di Semester 6 di IAIN Surakarta. Lebih lanjut, Dr. Mudhofir menyampaikan bahwa “Mahasiswa harus bisa mentransfer ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus dan diterapkan di masyarakat. Sehingga dalam menjalankan KKN bisa bersinergi dengan program pembangunan desa dan mengikuti ketetapan pembangunan nasional, sehingga dapat tercipta harmoni antar masyarakat yang beragam, dan Masjid dapat menjadi tempat pertama dalam proses transformasi masyarakat tersebut, dan mencegah timbulnya paham radikalisme”. Sehingga hadirnya mahasiswa KKN tersebut diharapkan dapat menjadi agen perubahan kesadaran tentang persatuan dan pentingnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelumnya acara tersebut dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Mahasiswa IAIN Surakarta, Sdr. Wildan Zulfikar, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pemakaian selempang secara simbolis oleh Bupati Karanganyar, tanda diterimanya Mahasiswa IAIN Surakarta di Kabupaten Karanganyar. Sementara itu, Bupati Karanganyar periode 2013-2108, Drs. H. Juliyatmono, MM dalam pidatonya menyampaikan bahwa warga Karanganyar menyambut baik kerjasama IAIN Surakarta dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar. “Mahasiswa adalah sosok pemimpin masa depan, generasi yang berintelektual, berakhlaqul karimah, beriman, dan menguasai teknologi, maka mahasiswa IAIN adalah sosok yang dibutuhkan bagi kemajuan Negara Indonesia di masa mendatang”, kata Bupati Karanganyar dalam sambutannya. Lebih lanjut, “melalui KKN, mahasiswa dapat belajar dengan alam, lingkungan sekitar, dan kearifan lokal masyarakat desa”.

KKNT-BM tersebut dijadwalkan akan selesai dalam satu bulan, terhitung sejak tanggal 04 Juli 2018 hingga 6 Agustus 2018.(Gie/Humas dan Publikasi) #banggaIAINSurakarta

Sumber: Luluk Ayuning Tyas
Dok: Luluk Ayuning Tyas

Komentar ditutup.