Bg

Mahasiswa KPI IAIN Surakarta Kunjungi Republika

Diterbitkan tanggal 2 Mei 2019

SINAR – Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Surakarta angkatan 2016, konsentrasi Jurnalistik, mengunjungi dua media massa, yakni Metro TV dan Harian Republika pada Selasa (30/4). Kunjungan dalam rangka KKL ini diikuti sebanyak 44 peserta dan didampingi oleh dua dosen KPI IAIN Surakarta Fathan, M.Si dan Abraham Zakky Zulhazmi,M.A,Hum.

Rombongan dari KPI IAIN Surakarta disambut langsung oleh Hasan Murtiaji selaku Wakil Pemimpin Redaksi Republika. Hasan menjelaskan sejarah berdirinya Republika dan Republika Online, serta menjelaskan elemen-elemen yang terdapat di Republika dan fungsinya, dari proses pencarian berita sampai produksi.

Selama pertemuan, sejumlah mahasiswa antusias bertanya terkait dengan perkembangan Republika sehingga bisa eksis sampai sekarang, dengan membahas informasi keislaman secara masif. Hasan menuturkan, menjaga konten itu salah satu kuncinya. Karena, konten sangat menentukan kemajuan media. Republika menghadirkan konten kritis namun elegan, beda dengan media Islam lainnya. Menurutnya, yang terpenting adalah mampu mempertahankan kualitas dan diferensiasi.

Harian Republika juga terus merawat pembaca muda, melalui media daring yaitu republika.co.id dan juga e-paper. Selain itu, Republika juga mempunyai media sosial sebagai penyebaran informasi, dengan konten teks, video dan infografis.

Mahasiswa sangat antusias dengan adanya kunjungan ini. “Senang sekali bisa menjalin silaturahmi dan menambah wawasan tentang dunia pers. Apalagi Republika merupakan salah satu koran nasional yang masih konsisten mengangkat tema-tema keislaman. Cocok bagi kita yang berada di bawah naungan jurusan komunikasi yang berbasis Islam,” kata Fitriatul Choiriyah salah satu mahasiswi KPI IAIN Surakarta. (JnR/ Humas Publiksi)

Sumber: Rabiah Al-Adawiyah KPI

Komentar ditutup.