Bg

Majelis Pembimbing Gugus Depan UIN Raden Mas Said Surakarta Ikuti Workshop Bersama Kwarnas

Diterbitkan tanggal 3 Desember 2021


SINAR- Jumat (3/12) bertempat di Ballroom Hotel Syariah Surakata berlangsung kegiatan Workshop Peningkatan Kompetensi Majelis Pembimbing Gugus Depan UIN Raden Mas Said Surakarta. Workshop ini dihadiri oleh para pembina gugus depan UIN Raden Mas Said, para dekan dan wakil dekan fakultas, para kabag, serta perwakilan dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sukoharjo.

Ketua Harian Majelis Pembimbing Gugus Depan UIN Raden Mas Said Surakarta, Kak Prof.Dr.H.Syamsul Bakri, S.Ag.,M.Ag. menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan kecakapan para pembina. “Kami berharap para pembina dapat membimbing adik-adik racana dengan lebih baik,” ungkapnya.

Kak Prof.Dr.H.Mudofir,S.Ag., M.Pd selaku Kamabigus lebih lanjut menyampaikan pentingnya gerakan Pramuka dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan, kepemimpinan, kedisiplinan, kesantunan, dan toleransi bagi mahasiswa UIN Raden Mas Said. “Pramuka ini selalu konsisten dalam menjaga stabilitas kampus. Selanjutnya perlu kita motivasi untuk memperluas bacaan dan wawasan agar meningkatkan bobot intelektualitas sebagai calon pemimpin nasional di masa depan,” pesannya.

Workshop ini menghadirkan dua pemateri dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yakni Kak Dr.H.Joko Mursitho,M.Si (Wakil Ketua/Ketua Komisi Perencanaan dan Pengembangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka) dan Kak Prof.Dr.S.Budi Prayitno, M.Sc (Wakil Ketua/Ketua Komisi Pembinaan Anggota Muda Kwartir Nasional Gerakan Pramuka). Jalannya workshop dipandu oleh Kak Hery Setiyatna, M.Pd selaku moderator.

Dalam paparannya, kedua pemateri memaparkan posisi strategis gerakan Pramuka dalam membentuk generasi muda yang unggul secara spiritual, fisik, emosional, sosial, dan intelektual. Menghadapi perubahan jaman, nilai-nilai Pramuka selalu aplikatif dan terbukti menghasilkan anggota-anggota Pramuka yang bertanggung jawab, dapat dipercaya, dan bisa bekerjasama. Selanjutnya, fungsi Mabigus adalah melaksanakan sistem among: ing ngarso sung tuladha, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani .(Atn/Humas Publikasi)

Komentar ditutup.