Bg

Malinke Kenalkan Budaya Afrika Barat di IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 11 Mei 2015

SINAR – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Kamis (7/5), menggelar event bertajuk The West African Drumming. Event yang baru pertama kali digelar di IAIN Surakarta ini dimaksudkan sebagai pengenalan dan pelatihan tentang kebudayaan Afrika Barat melalui musik perkusi yang berasal dari Afrika.

Malinke, salah satu komunitas pecinta musik perkusi dan African Drumming di Solo menjadi narasumber dalam event tersebut. Komunitas Malinke adalah para pecinta budaya dan musik perkusi Afrika Barat dari Solo yang pernah menimba ilmu di Afrika.

Rangkaian acara The West African Drumming, selain workshop kebudayaan juga diisi dengan pertunjukan seni benuansa Afrika. Selain itu beberapa band seperti Gobax Sodor, Jam Weker, UKM Musik Gas 21 IAIN Surakarta, dan beberapa penampil lain seperti seni tari bernuansa Afrika dari mahasiswa ISI Surakarta juga ikut menyemarakkan event tersebut.

Ketua Panitia, Fitri Anekawati, menjelaskan acara yang dihadiri oleh beberapa lembaga HMJ Bahasa dan Sastra Inggris dari universitas-universitas di Solo Raya tersebut, bertujuan sebagai ajang perkenalan HMJ Sastra Inggis yang masih belum genap 6 bulan berdiri, kepada seluruh mahasiswa IAIN Surakarta dan lembaga-lembaga kemahasiswaan dari universitas lain di Solo Raya.

Selain itu, ajang tersebut juga sebagai pembuktian bahwa mahasiswa IAIN Surakarta, sebagai generasi muda Indonesia dan dunia, juga menghargai berbagai bentuk kebudayaan dan kesenian dari seluruh dunia disamping menghargai kebudayaan bangsa dan negara indonesia, tambah Ketua HMJ Sastra Inggris IAIN Surakarta, Niken Ananda. (Mahendra)

Komentar ditutup.