Bg

Menag Lukman Hakim Saifuddin Resmikan Dua Gedung Baru IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 4 Maret 2019

SINAR– Senin (4/3) Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meresmikan dua gedung baru IAIN Surakarta yaitu Gedung Pendidikan Terpadu dan Gedung Pusat Pengembangan Bahasa. Peresmian gedung baru ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan batu prasasti oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin. Ikut mendampingi saat peresmian adalah Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd., para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, dan Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah.

Gedung Pendidikan Terpadu dan Gedung Pusat Pengembangan Bahasa ini dibangun menggunakan dana yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2018 dengan total anggaran mencapai Rp. 50 miliar. Masing-masing gedung dibangun tiga lantai dan dilengkapi dengan basement di atas lahan seluas 3.400 meter persegi. Gedung Pendidikan yang berada di sebelah selatan Gedung PPG dibangun dengan nilai fisik bangunan mencapai Rp. 17,5 miliar. Sementara Gedung Pusat Pengembangan Bahasa yang berada di selatan Gedung Rektorat dibangun dengan nilai fisik bangunan mencapai Rp. 18 miliar.

Dalam sambutannya Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd., mengatakan bahwa pembangunan gedung ini merupakan wujud dari upaya IAIN Surakarta dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Lebih lanjut rektor juga mengatakan bahwa pembangunan gedung pendidikan dan pusat pengembangan bahasa ini merupakan bagian dari implementasi nawacita atau sembilan program prioritas pada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. “Pembangunan gedung ini merupakan pengejawantahan nawacita yang ke lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan,” jelasnya.

Ikut hadir dalam acara ini yaitu para rektor PTKN se Jateng dan DIY, para bupati, Ketua DPRD dan Kepala Kemenag se-Solo Raya, para para komandan militer di wilayah Solo Raya, dan para pejabat lainnya di sekitar Solo Raya. Selain itu IAIN Surakarta juga mengundang para dosen dan mahasiswa serta stake holder di luar kampus yang menjalin kerjasama dengan IAIN Surakarta.

Sebelumnya, di tempat yang sama Menag Lukman Hakim menjadi pembicara utama dalam seminar nasional dengan tema “Islam dan Budaya Sebagai Instrumen Integrasi Bangsa.” Pada kesempatan tersebut menag didampingi Rektor IAIN Surakarta dan Bupati Karanganyar Drs. Juliyatmono sebagai narasumber pendamping.
Usai menggunting pita dan menandatangani batu prasasti, Menag menyempatkan berkeliling gedung meninjau ruang-ruang kelas dan fasilitas lainnya. Pada kesempatan tersebut menang menyempatkan masuk ke kelas yang sedang melangsungkan perkualiahan dan membagi ilmu kepada mahasiswa layaknya dosen yang sedang mengajar. Sebelum meninggalkan kelas menag menyempatkan berfoto dan ngevlog bersama para mahasiswa IAIN Surakarta. (JnR/Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #SuksesAPT-A

Komentar ditutup.