Bg

Menjawab Tantangan MEA, HMJ AKS Gelar Seminar Nasional Peranan Akuntansi Syariah

Diterbitkan tanggal 28 Januari 2016

12596854_1282465225112398_32740435_o

SINAR – Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah (HMJ AKS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Surakarta (IAIN) gelar seminar nasional tentang Peranan Akuntansi Syariah dalam Menjawab Tantangan di Era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), bertempat di Gedung Graha kampus setempat, Kamis (28/1).

Seminar ini dihadiri oleh 450 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia seperti UTY, UNIBA, UNIBRA, UAD, UMS dan lain-lain. Hal ini dilaksanakan sebagai bekal mahasiswa dalam menjawab tantangan prospek profesi para akuntan di era MEA. Mengingat bahwa persaingan sekarang sudah memasuki kawasan pasar bebas.

Sebagai narasumber, dekan FEB UMS Dr. Triyono, S.E., M.Si dan praktisi dari Kantor Akuntan Publik (KAP) Wartono Surakarta, Drs. Wartono, M.Si., Akt., CPA. menyampaikan bahwa untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi MEA perlun sertifikasi profesi sebagai pengakuan global kompetensi dan profesionalitas serta kompetensi umum dan khusus di bidang profesi tersebut. Narasumber juga mengatakan bahwa untuk mengembangkan bisnis profesi akuntan dalam menghadapi MEA perlu dengan pengembangan core bisnis, pemasaran, dan cutomer quality.

Dengan diadakan seminar nasional ini diharapkan mahasiswa memperoleh wawasan akan kebutuhan jasa akuntan yang sesuai syariat Islam dengan mengedepankan kaidah dan aturan yang telah diajarkan dalam al-quran dan as-sunnah. Sehingga lulusan dari perguruan tinggi Islam terutama jurusan akuntansi syariah dapat bersaing di pasar bebas. (Destya)

Komentar ditutup.