Bg

Menuju Akreditasi Jurnal, Omah Jurnal IAIN Surakarta Gelar Rapat Kerja Bersama

Diterbitkan tanggal 19 Januari 2017

SINAR- Demi peningkatan kualitas guna menuju akreditasi, omah jurnal Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta gelar rapat kerja omah jurnal IAIN Surakarta yang diselenggarakan di Hotel Lor In Surakarta, Kamis (19/01).

Omah jurnal sebagai wadah jurnal-jurnal di lingkungan IAIN Surakarta adakan rapat kerja ini sebagai wadah untuk evaluasi dan rencana kerja serta pengembangan pengelolaan jurnal-jurnal di IAIN Surakarta untuk tahun 2017. Adapun jurnal-jurnal yang tergabung disini yaitu Dinika , Shirkah, Al A’raf, Al Balagh, At Tarbawi, Leksema, Shahih, Buana Gender, Al Ahkam, Indonesian Jurnal of Islamic Literature and Muslim Society, Sustinere.

Rapat kerja ini dibuka oleh Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc, M.Ag. dalam sambutannya Dr. Matin menyampaikan apresiasi yang sangat besar atas apa yang telah dilakukan oleh pengelola jurnal sehingga saat ini IAIN Surakarta sudah memiliki 11 jurnal yang sudah berbasis Open Jurnal Sistem (OJS), walaupun dengan anggaran yang masih minim, namun sudah mampu sukses menerbitkan 2-3 nomor di tahun 2016 lalu. Kedepannya diharapkan bahwa jurnal-jurnal tersebut bisa terakreditasi dan semakin dikenal dikalangan akademik baik didalam negeri maupun diluar negeri.

Dalam rapat kerja ini ada beberapa rencana yang sangat penting kaitannya dengan pengembangan jurnal untuk tahun 2017, yaitu menambah reviewer eksternal terutama dari luar negeri, persiapan Proses akreditasi, melakukan research acticle exhibition, Memperluas sosialisasi dengan call for paper, pembuatan bank naskah, Pengembangan kualitas dan kapasitas pengelola jurnal dengan riset- publikasi dan workshop, internasional conference, adanya dorongan untuk civitas akademika IAIN Surakarta untuk melakukan klik jurnal melalui surat resmi dari pimpinan, penambahan artikel dari luar negeri, sosialisasi jurnal ke luar negeri, peningkatan hardware terutama server yang lebih besar serta stabil, menjadikan jurnal-jurnal IAIN Surakarta sebagai rujukan keilmuan nasional maupun internasional serta penyediaan software anti plagiarism. (Mun/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.