Bg

Meroket, Peringkat Jurnal Online IAIN Surakata

Diterbitkan tanggal 12 Oktober 2016

SINAR– Salah satu tolak ukur kualitas sebuah perguruan tinggi dapat dilihat dari terbacanya sebuah jurnal dalam Open Journal System (OJS). Kabar gembira pun datang dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dengan 9 dari 10 jurnal onlinenya yang terindeks oleh Moraref berada pada peringkat 7 dari dari 55 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi IAIN Surakarta yang pada enam bulan yang lalu masih menduduki posisi 45.

”Enam bulan yang lalu, kami sangat gelisah dengan keadaan jurnal di IAIN Surakarta. Kami pun berusaha memperbaiki dan menjaga jurnal yang sudah ada. Akhirnya dalam setengah tahun terakhir ini, kampus dan fakultas menggiatkan berbagai aktifitas terkait jurnal melalui Omah Jurnal. Dan kini, dari peringkat 45 meroket menjadi peringkat 7 dari 55 PTKIN Se-Indonesia. Ini merupakan prestasi yang luar biasa,” terang Dr. H. Mudofir, Rektor IAIN Surakarta (12/10).

Perlu diketahui bahwa Moraref (Ministry of Religious Affairs’ Reference) merupakan portal akademik yang diinisiasi oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dan dikelola oleh Asosiasi Pengelola Jurnal, Penerbit Universitas, dan Lembaga Penelitian di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Jadi, meskipun jurnal-jurnal tersebut sudah OJS dan terindeks oleh Moraref belum tentu jurnal tersebut sudah terakreditasi.

Rektor menambahkan bahwa ini artinya jurnal IAIN Surakarta sudah dibaca oleh public secara luas dan dapat diakses, diteliti keilmiahannya dan atau dikontrol apakah ada plagiasi atau tidak oleh lembaga kredible yang lain.

“Target kami adalah terakreditasinya 2 dari 10 jurnal di IAIN Surakarta pada 2017. Kenaikan peringkat ini hanyalah bagian dari penyemangat untuk terus mendorong IAIN Surakarta agar memiliki jurnal berreputasi. Inilah sebuah pencapaian bersama. Omah Jurnal yang tak henti-hentinya aktif mengadakan kegiatan, para pejabat yang telah membantu mengatur anggaran, dan memberi pengawasan sebagai pintu masuk IAIN Surakarta untuk memiliki jurnal terakreditasi. Apresiasi yang tinggi untuk seluruhnya yang terlibat untuk mendongkrak prestasi,” pungkasnya. (Yin/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.