Bg

Optimalkan Beracara, DEMA IAIN Surakarta Sukses Selenggarakan Pelatihan Protokoler

Diterbitkan tanggal 5 April 2021


SINAR- Senin, (5/4) DEMA IAIN Surakarta Masa Bakti 2021 berhasil menyelenggarakan pelatihan protokoler. Kegiatan ini berlangsung di aula Fakultas Adab dan Bahasa lantai 4. Dengan menggandeng perwakilan UKK/UKM dan Organisasi Mahasiswa yang berada di IAIN Surakarta, kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Sejumlah 46 orang dari organisasi mahasiswa turut mensukseskan kegiatan tersebut. Dihadiri oleh Pembina DEMA IAIN Surakarta yaitu Dr. Ismail Yahya. S.Ag.,MA. serta pemateri yang luar biasa dari humas IAIN Surakarta yaitu Mahendra Gustaf, S.Sos. Berbeda dengan acara biasanya yang mana pemateri adalah dua orang sebagai pembanding, namun kali ini pemateri khusus satu orang. Dengan harapan agar para UKK/UKM dan Organisasi Mahasiswa lebih fokus dengan isi materi yang akan disampaikan. Kegiatan ini berlangsung dengan baik karena selain pemaparan materi juga dijadikan simulasi dalam beracara sehingga dapat langsung mempraktekkan ilmu yang sudah di dapatkan.

Foto : Tanya Jawab dengan Pemateri

Kegiatan tersebut juga di dukung oleh moderator yang profesional yaitu Farizal Choiru Rohiim selaku wakil Presiden DEMA IAIN Surakarta. “Kegiatan ini merupakan kelanjutan progres dari safari UKK/UKM dan juga sebagai penyeragaman dalam beracara” Tutur Arian Agung Prasetiyawan selaku Presiden Mahasiswa. Dari hal tersebut dukungan penuh dari Presiden Mahasiswa telah dilakukan agar seluruh komponen organisasi dapat menyelenggarakan acara dengan baik dan benar sesuai dengan tata aturan dari Humas IAIN Surakarta. Mengangkat tema kegiatan yaitu menyiapkan protokoler yang unggul dan professional membangkitkan semangat para peserta untuk selalu berpikir kritis terhadap kinsepan acara yang akan dilakukan di organisasi masing-masing.

Untuk mewujudkan suksesnya acara perlu kerjasama antar pihak satu dengan pihak lain. Hal tersebut juga dipaparkan oleh pemateri “Dalam menyelenggarakan acara, panitia diharapkan peka dan aktif terhadap kebutuhannya, Ketika terdapat kekuranagan dalam acara maka panitia harus tetap santai, tenang, kalem, kuasai” Tutur Bapak Mahendra Gustaf, S.Sos di tengah pemaparan materinya. Dari paparan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa ketika organisasi mahasiswa menyelenggarakan acara hal yang penting salah satunya komunikasi dan koordinasi baik dari luar panitia mapun pihak-pihak yang akan berlibat.

Ketua pelaksana sendiri yaitu Muhammad Iqbal Kusuma menambahkan “Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan seluruh organisasi di IAIN Surakarta dapat menyelenggarakan acara secara professional dan unggul karena telah mendapat bekal dari Humas kampus”.

Tujuan dari pelaksaan protokoler bagi organisasi mahasiswa ini menjadi acuan dalam menjalankan protokol yang unggul dan professional sesuai dengan tema kegiatan. Di akhir kegiatan dihias dengan menarik dengan tanya jawab dan foto bersama seluruh organisasi mahasiswa dengan pemateri. Selain itu, menyoal mengenai tindak lanjut kegiatan ini DEMA IAIN Surakartatelah memfasilitasi keluh kesah terkait berjalannya acara agar dapat terlaksana dengan baik di grup whatsapp dengan pemateri. (Gus/ Humas Publikasi)


Sumber: Khusni Syayidatun Nisaa’

Komentar ditutup.