Bg

Pakar Ushul Fiqih Damaskus Kunjungi IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 4 Agustus 2020

SINAR- Selasa (4/8), Prof. Dr. Syekh Mahir bin Hasan Al Munajid berkunjung IAIN Surakarta. Guru Besar Universitas Abi Nur Damaskus, Suriyah yang merupakan Pakar di Bidang Ushul Fiqih ini berkehendak datang untuk bersilaturahmi dengan pimpinan IAIN Surakarta dan Pengurus Pusat Studi Konstitusi dan Hukum Islam ( Puskohis ) IAIN Surakarta yang baru saja diresmikan oleh Rektor IAIN Surakarta.

Kedatangan beliau disambut langsung oleh Rektor dan Para wakil Rektor IAIN Surakarta di Ruang Tamu Rektorat IAIN Surakarta. Dalam diskusi yang hangat ini Pengurus PUSKOHIS IAIN Surakarta mendapatkan banyak nasehat antara lain tentang Pentingnya memastikan tegaknya Konstitusi di NKRI, Pentingnya taat para Pemerintah dan Mahkamah serta jangan mendahulukan pedang dalam menyelesaikan setiap masalah.

Berliau berharap semoga IAIN menjadi kampus berkelas dunia yang memberikan warna dakwah dan pencetak para Ulama masa depan. Beliau juga berpesan tentang Pentingnya berdakwah, akan tetapi tentu harus disertai dengan ilmu  tidak sembarang dakwah. Dan IAIN Surakarta lah salah satu harapan kedepan masa depan dakwah di Indonesia dan didunia.

Pemegang Beberapa Sanad Al Quran, Qiroah Sab’ah dan Asyroh serta Beberapa Sanad Ilmu Hadist yang masyhur di Damaskus dan Timur Tengah ini juga menjelaskan tentang Pentingnya belajar Al-Quran sampai pada Ilmu Qiroat para Ulama. Karena terkadang dalam pengambilan hukum perlu sekali mengusai Tafsir dan Ilmu Qiroat para Ulama.

Beliau bersedia jika ada mahasiswa IAIN Surakarta ingin belajar Kitab Kitab Fiqih kepada beliau serta ingin belajar Ilmu Qiroah Sab’ah atau Qiro’ah Asyroh  untuk mengambil Sanad kepada beliau.

Ulama yang yang sudah tinggal di Indonesia lebih dari 6 bulan ini. Setelah selesai berdiskusi dengan Para Pimpinan IAIN Surakarta kemudian berdoa semoga IAIN Surakarta senantiasa diberkahi Allah SWT.

Sebelum pulang, Prof Maher didampingi Bapak AM. Mustain Nasoha selaku Direktur Pusat Studi Konstitusi dan Hukum Islam serta Bapak Qosim Khoiri Anwar selaku Ketua Bidang Jaringan dan Kerjasama PUSKOHIS berkeliling IAIN Surakarta. (Gus/ Humas Publikasi)

Kontributor: Mokh. Yahya, M.Pd. (Dosen IAIN Surakarta)

Komentar ditutup.