Bg

PBAK 2017 FUD-Banyak Dibekali Softskill, Mahasiswa FUD Disiapkan Untuk Berbagai Kondisi

Diterbitkan tanggal 25 Juli 2017

SINAR– Diikuti oleh 784 mahasiswa baru, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta selenggarakan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK). Bertempat di halaman Gedung FUD, para mahasiswa menyimak penjelasan tentang budaya akademik yang berjalan di FUD, Selasa (25/7).

Kasubag Akademik, Dwidjo Martono, S.E., M.M. memaparkan banyak hal, mulai dari jenis-jenis beasiswa yang ada di FUD, macam-macam syarat untuk mendapatkan beasiswa, serta bagaimana seorang mahasiswa harus berpenampilan dan bersikap. Tidak kalah penting, PBAK FUD yang mengusung tema Implementasi Budaya Akademik untuk Mencetak Generasi Organisatoris, Akademis, Optimis, dan Excellent ini juga menyampaikan tentang pentingnya Paradigma Moderasi Dalam Beragama dan Berdakwah yang dipaparkan oleh Nur Kafid, S.Th.I., M.Sc., salah satu dosen di FUD.

Nur Kafid mengatakan bahwa FUD hadir sebagai solusi masalah sosial dan agama. Mahasiswa FUD sangat diharapkan menjadi seseorang yang cekatan dalam bertindak untuk menyelesaikan masalah, terkhusus masalah agama dan sosial. “Dakwah itu sendiri harus dilakukan dengan cerdas. Tidak hanya asal mengajak saja. Namun, dakwah harus dilakukan dengan terukur dengan melihat konteks sosial para pendengarnya,” paparnya. Agama itu diperuntukkan bagi orang berakal, sehingga dakwah yang profesional adalah dakwah yang dapat mengintegrasikan dengan konteks sosial.

Selanjutnya Nur Kafid juga menyebarkan virus positif dan optimis kepada mahasiswa baru bahwa mahasiswa FUD memiliki banyak peluang dan kesempatan di dunia kerja. ”Tidak sebagaimana kata orang, bahwa alumni FUD tidak memiliki pekerjaan yang jelas. Mahasiswa FUD sengaja dibekali banyak hal dan dituntut memiliki banyak softskill, sehingga siap di tempatkan di bidang apapun,” pungkasnya. (Yin/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.