Bg

Pelatihan Literasi Penelitian, Rektor: Jadikan Tradisi Riset Sebagai Pandangan Hidup

Diterbitkan tanggal 27 November 2018

SINAR-  Selasa, (27/11) Bidikmisi IAIN Surakarta angkatan tahun 2015 menggelar pelatihan literasi penelitian di Aula Rektorat lantai 3. Ratusan mahasiswa bidikmisi tampak hadir memenuhi ruangan tersebut, mereka tampak semangat mengingat pelatihan ini adalah bekal bagi mereka sebulum membuat karya ilmiah dalam wujud skripsi sebagai syarat lulus sarjana.

Dalam pelatihan kali ini, mengundang narasumber dari media cetak Solopos dan juga Balitbang Kemenag Semarang, ujar Wakil Rektor III Bidang Kemahasiwaan dan Kerjasama Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag. lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa dalam pelatihan ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Karya Ilmiah Scholar dan Kelompok Karya Ilmiah Populer. Selain itu Syamsul juga mengatakan menulis merupakan kebutuhan pokok dalam dunia akademik, dalam menulis harus memiliki judul yang menarik, selain itu alur juga harus jelas seperti sinetron, ada problem kemudian analisa lalu terakhir solusi jangan cuma problem saja tanpa solusi, semua harus urut, jelas syamsul.

Disisi lain Rektor IAIN Surakarta Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. dalam keynote speechnya mengatakan, riset itu menggerakkan peradaban, diawali dari tenaga manusia dan hewan, kemudian muncul teknologi mesin dan yang terakhir internet. Tradisi riset itu harus ditanamkan sejak dini, beliau mencontohkan seperti Bill Gates, Steve Job mereka jeli dan tekun dalam melakukan riset sehingga dapat menemukan sesuatu, diawali dari mencari data karena inti dari riset itu adalah data yang kemudian diolah dan disajikan, ungkapnya. Kemudian beliau berpesan jadikanlah tradisi riset sebagai pandangan hidup, karena itu akan megubah masa depan, tradisi riset melahirkan sikap berfikir kritis yang dapat mengubah setiap masalah atau tantangan menjadi peluang, pesannya. (Zat/humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #SuksesAPT-A

Komentar ditutup.