Bg

Pendidikan Kepemimpinan Pemuda Dalam Rumah Tangga (KPRT) “Peningkatan Kesehatan Reproduksi Bagi Pemuda” LP2M IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 17 Desember 2019

SINAR- Rabu (17/12) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Surakarta bekerja sama dengan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI mengadakan kegiatan Sosialisasi Pendidikan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) dengan tema “Peningkatan Kesehatan Reproduksi bagi Pemuda”. Acara ini bertempat di aula Fakultas Adab dan Bahasa yang dihadiri 200 mahasiswa dari lima fakultas.

Acara tersebut diawali dengan sambutan oleh ketua LP2M IAIN Surakarta, yaitu Dr. Zainul Abas, S.Ag., M.Ag. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa akan ada MoU antara IAIN Surakarta dengan Kemenpora yang semoga berlanjut ke MoA, selain itu LP2M IAIN Surakarta mempunyai Pusat Studi Gender dan Anak yang harapannya kedepannya dapat bekerja sama dengan Kemenpora RI.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI, yaitu Dr. H.M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa untuk membangun kapasitas kepemimpinan dimulai dari kepemimpinan individu, kemudian kepemimpinan dalam rumah tangga sampai kepemimpinan publik. Serta mengajak mahasiswa untuk untuk membangun Indonesia dari IAIN Surakarta. Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. selaku Rektor IAIN Surakarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa beliau mengapresiasi diselenggerakannya kegiatan ini yang menjadi bukti bahwa negara hadir dalam kehidupan kita. Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa IAIN Surakarta perlu memperbanyak kegiatan-kegiatan seperti ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan seminar yang membahas empat hal yang menjadi topik pembicaraan. Topik pertama, yaitu Perlindungan Anak dan Pengasuhan Berkualitas, disampaikan oleh Dr. Titik Haryati, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa pentingnya mempelajari psikologi anak sehingga mampu memahami tumbuh kembang anak. Selain itu, perlu mengetahui batasan hukuman yang dapat diberikan anak dan perlu juga membangun komunikasi efektif (quality time) dengan cara mengungkapkan kasih sayang dengan verbal dan tindakan.

Materi kedua disampaikan oleh Sulhani Hermawan, M.Ag. Pemateri menyampaikan beberapa hal terkait dengan hukum perkawinan, seperti dasar hukum perkawinan, syarat-syarat perkawinan, larangan perkawinan, tatacara perkawinan, izin berpoligami dalam perkawinan dan hal-hal lain terkait dengan hukum perkawinan. Pemateri ketiga adalah Reza Indragiri Amriel, MCrim yang menyampaikan materi tentang kesehatan reproduksi yang meliputi sel sperma dan sel telur, sedangkan pemateri terakhir, yaitu tentang Psikologi Pemuda, disampaikan oleh Muhammad Endy Saputro, M.A. (Lan/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.