Bg

Pengembangan Kapasitas Keilmuan Mahasiswa dan Dosen

Diterbitkan tanggal 26 Januari 2018

SINAR- Pada acara inti Rapat Kerja (Raker) Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Surakarta tahun 2018 di Megaland Hotel, Surakarta (25-27/1), Ruchman Bashori, S.Ag., M.Ag. didaulat menjadi pembicara, Persoalan yang dianggap menjadi hambatan bagi pengembangan diri mahasiswa dari sisi anggaran maupun aturan teknis dibahas dan dicarikan solusi jangka pendeknya. Adapun hal-hal yang menopang dan memberi kemanfaatan bagi mahasiswa didorong untuk direalisasikan.

Sebagai Kepala Seksi Kemahasiswaan Subdirektorat Sarana, Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Ruchman dengan senang hati mendengarkan masukan dan merespon pertanyaan yang diajukan para peserta. Semua masukan strategis akan dibicarakan lebih lanjut di Diktis.

Gagasan umum strategis pada diskusi dan tanya jawab bersama Ruchman Bashori menjadi bekal penting bagi FGD (focused group discussion) yang dibagi 2 kelompok: (1) Akademik dan (2) Kemahasiswaan.

Kelompok Akademik membahas bagaimana kualitas dosen dan mahasiswa meningkat dari waktu ke waktu. Penelitian dosen perlu ditingkatkan, lebih-lebih dapat berkolaborasi dengan mahasiswa. Kejelasan arah penelitian dan pengabdian masyarakat di LPPM IAIN Surakarta juga perlu diperjelas signifikansi dan arah kemanfaatannya baik dalam jangka pendek maupun panjang. Sebagai pemandu kelompok Akademik, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Surakarta menyinggung hal-hal strategis berkenaan dengan kinerja dan peningkatan kualitas dosen, arah dan fokus lembaga untuk tahun 2018 dan 2019, serta peningkatan kemampuan akademik mahasiswa.

Kelompok Kemahasiswaan, dipandu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, fokus membahas kegiatan mahasiswa agar semakin diarahkan ke hal-hal yang secara spesifik menaikkan kualitas akademik mereka: publikasi karya ilmiah. Sementara itu, peminatan cukup tinggi di IAIN Surakarta dibandingkan beberapa kampus PTKIN lain harus direspon dengan pemberian program kegiatan yang meningkatkan kualitas mahasiswa.

Di antara hal-hal penting yang dibahas kelompok Akademik dan Kemahasiswaan adalah review dan revisi rancangan anggaran tahun 2018 dan 2019. Anggaran tidak bisa dipungkiri adalah ruh dan muara utama seluruh kegiatan yang dicanangkan.(Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Sumber: Ahmadi Fathurrohman Dardiri
Dok: Ahmadi Fathurrohman Dardiri

Komentar ditutup.