Bg

Peringati HUT RI ke-71, Rektor Amanatkan untuk Kerja Nyata

Diterbitkan tanggal 17 Agustus 2016

SINAR– Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta Menggelar Upacara Bendera di Boulevard kampus, senin (17/8). Upacara bendera dengan tema nasional “Kerja Nyata” diikuti oleh para dosen, pegawai administrasi, dan mahasiswa ini dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Surakarta Dr. Mudofir, S.Ag, M. Pd.

Dalam amanatnya pemimpin upacara yang membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah mengatakan bahwa Perjuangan Bangsa ini belum lah usai. Mengisi kemerdekaan tak kalah penting dengan merebut dan menegakkan Kemerdekaan. Kita adalah pewaris sah dari anak-anak Negeri untuk memberikan arti mengisi Kemerdekaan dengan berbagi peran dan tanggungjawab. Rumah Besar kita yang kita sebut INDONESIA adalah milik kita bersama. Tak ada satupun di antara kita YANG MERASA BISA. Namun kita harus terus BISA MERASA sebagai bagian dari anak-anak Bangsa dengan semangat Gotong Royong membangun jati dirinya di tengah taman sarinya pergaulan antar bangsa di dunia.

Kita mesti ingat bahwa kebebasan yang kita nikmati hari ini bukanlah kebebasan yang tanpa batas. Kebebasan kita hari ini adalah kebebasan yang harus bisa dipertanggungjawabkan. Setiap ucapan, pikiran dan tindakan kita itu haruslah masih dalam satu wadah ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan bisa dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, Bangsa dan masyarakat Indonesia. Janganlah kita mudah terhasut, terprovokasi atas tindakan terorisme dan radikalisme, apalagi hingga intoleransi yang mengancam keutuhan bangsa ini. Narkoba, kekerasan terhadap perempuan dan anak, hanya ada satu kata : Lawan ! Korupsi kita cegah sejak dini !

Dan momentum peringatan hari Kemerdekaan RI ini merupakan milik seluruh rakyat Indonesia. Untuk itulah, penting dilakukan upaya revitalisasi nilai-nilai kebangsaan, kemerdekaan, dan demokrasi. Proklamasi kemerdekaan RI sebagai puncak dari kesepakatan bangsa untuk mewadahi kehidupan kebersamaannya melalui pembentukan Negara kebangsaan yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur, terang Rektor IAIN Surakarta di akhir sambutan pidatonya. (Mun/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.