Bg

Perkuat Ketahanan Keluarga selama Masa Pandemi, LP2M IAIN Surakarta Mengadakan Pendampingan Ketahanan Ekonomi Ibu Rumah Tangga

Diterbitkan tanggal 8 Oktober 2020

SINAR- Kamis, 8 Oktober 2020 Pusat Studi Gender dan Anak LP2M IAIN Surakarta mengadakan kegiatan Pendampingan Ketahanan Ekonomi Ibu Rumah Tangga di Hotel Syariah Solo. Acara ini dihadiri peserta sebanyak 60 orang ibu rumah tangga yang berasal dari Bank Sampah Gerjen, Jamiyah Tali Jiwo Kebon Baru, Jamiyah Mushola Darussalam Sambon, Jamiyah Masjid Pedusan, Lembaga Saymara, Lembaga Ar Rosyid, Lembaga Al Anis, Jamiyah Assalam Guwo Kalen dan SEC Pucangan.

Sambutan pertama disampaikan oleh ketua LP2M, Dr. Zainul Abas, S.Ag., M.Ag., yang menyampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari tugas LP2M sebagaimana tertuang dalam visi LP2M, yaitu “Menjadi Lembaga yang Professional dalam Mengembangkan Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat serta Studi Gender dan Anak Berbasis Kearifan Lokal dan Moderasi Beragama”. Pada kesempatan ini, ketua LP2M juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Pusat Studi Gender dan Anak, Khasan Ubaidillah, S. Pd.I., M. Pd.I., yang telah merancang kegiatan ini untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh ibu-ibu rumah tangga selama masa pandemi.

Sambutan kedua disampaikan oleh ketua Rektor IAIN Surakarta, yaitu Prof. Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. Pada sambutannya rektor IAIN Surakarta menyampaikan bahwa pada masa pandemi Covid-19 ini akan melahirkan kreativitas karena kondisi yang sulit saat ini akan menghasilkan usaha yang juga besar. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan potensi-potensi yang ada disekitar kita, sehingga kegiatan yang dilakukan pada acara ini menjadi sangat penting untuk menambah literasi bagaimana meningkatkan ketahanan ekonomi ibu rumah tangga.

Setelah sambutan dari ketua LP2M dan Rektor IAIN Surakarta, acara dilanjutkan dengan acara penyerahan bantuan peralatan usaha dari LP2M IAIN Surakarta kepada 10 perkumpulan ibu rumah tangga di sekitar kampus IAIN Surakarta.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber pertama, yaitu H. Sugiman, SE.MM, dengan tema Peluang dan Resiko Ibu Rumah Tangga Berbisnis dari Rumah. Pada kesempatan ini narasumber menyampaikan beberapa hal terkait dengan fungsi keluarga untuk membentuk ketahanan keluarga, tips ketahanan keluarga, beberapa peluang berbisnis dari rumah dan sumber-sumber ide bisnis dan wirausaha.

Pemateri kedua adalah Dyah Nur Laily Fathonah, S.Pd yang merupakan owner dari Getuk Presiden yang menyampaikan tentang Strategi Sukses Berbisnis dari Rumah. Narasumber memberikan tips-tips dalam memilih bisnis yang akan digeluti, yaitu pilih peluang-peluang usaha yang menguntungkan, pilih beberapa yang paling disukai dan pilih yang paling gampang. Selanjutnya narasumber menyampaikan tentang kiat-kiat memulai bisnis dan bagaimana mengelola bisnis. Terakhir beliau menyampaikan bahwa banyak produk atau bisnis hilang karena tidak siap berubah. Kita harus siap menyesuaikan kebutuhan pasar. (Lan/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.