Bg

Perkuat Penggunaan TI, PTIPD Bekali Dosen dengan Academic Digital Literacy

Diterbitkan tanggal 23 Agustus 2016

SINAR – Pusat Data Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, gelar workshop Academic Digital Literacy di gedung graha, Selasa (23/08).

Workshop mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) untuk kepentingan akdemik memang sudah ditunggu-tunggu oleh civitas akademika IAIN Surakarta. Akhirnya penantian itu sudah terjawab dengan digelarnya workshop ini dimana hal ini sangat penting untuk mendukung research dan pembelajaran.

Roadmap panjang untuk meningkatkan penggunaan TI bagi kegiatan akademik dan research di IAIN Surakarta adalah merupakan serangkaian agenda utama dari PTIPD ujar ketuannya Ahmad Hafidh,M, Ag. Sehingga diharapkan kedepan proses pembelajaran tidak hanya dilakukan pada model konvensional tetapi bisa menerapkan online learning. Dia juga menambahkan bahwa diakhir workshop ini setiap peserta yang hadir akan menyusun research profile. Sehingga akan ada minimalnya 88 research profil (sesuai jumlah peserta) atas nama IAIN Surakarta. Maka ini bisa menambah daya saing dan pengakuan di dunia maya.

Dr. Mudofir, M.Pd juga dalam sambutannya menegaskan bahwa penggunaan TI sangatlah penting terutama untuk peningkatan mutu pendidikan dan untuk mengefesienkan pembuatan karya ilmiah serta publikasinya. Sehingga IAIN Surakarta sendiri sudah bertekad untuk melakukan Investasi besar dibidang TI. Hal itu tidak lain karena ingin menggenjot publikasi karya ilmiah dan mengenalkan IAIN Surakarta dengan produktifitas civitas akdemikannya dalam menelorkan karya ilmiah yang bermutu. Karena hal itu sudah menjadi bagian dari tujuan IAIN Surakarta kedepan yaitu peningkatan mutu sdm yang bermutu, peningkatan tata kelola yang bermutu, peningkatan publikasi dan research yang bermutu serta peningkatan kegiatan mahasiswa yang bermutu.

Sementara pelaksanaan workshop sendiri yang diisi oleh Dr. Leonard C. Eparfas dari Indonesia Consortium of Religious Studies (ICRS) menjelaskan perkembangan IT dalam dunia pendidikan khususnya bagi kegiatan akademik dan research. Dia juga membagikan beberapa fasilitas TI yang sangat membatu dalam proses penelitian dan penulisan karya ilmiah diantaranya Evernote, MaxQDA, EndNote, Mendeley dan juga bagaimana memasarkan diri secara akademik dengan research profile seperti Google scholar, Academia.edu, Researchgate, dan Orcid. (Mun/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.