Bg

Perpustakaan Jendela Peradaban Masa Depan

Diterbitkan tanggal 9 September 2015

SINAR – UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan workshop perpustakaan bagi mahasiswa baru 2015 dengan tema Perpustakaan Jendela Peradaban Masa Depan, bertempat di gedung Graha IAIN Surakarta, Selasa (8/9).

Workshop ini bertujuan untuk mensosialisasikan perpustakaan meliputi profil, prosedur, dan jenis layanan. “Workshop ini penting bagi mahasiswa baru, karena kami akan mengenalkan apa saja yang ada di dalam perpustakaan, meliputi profil, prosedur dan jenis layanan. Diharapkan mahasiswa dapat mengoptimalkan fungsi perpustakaan yang merupakan jendela peradaban masa depan,” terang Triningsih, selaku panitia dan pustakawan.

Senada dengan tujuan penyelenggaraan workshop, Dr. Mudhofir, selaku rektor juga menekankan kepada mahasiswa baru agar selalu meningkatkan kualitas diri dan daya saing dengan sering-sering mengunjungi perpustakaan dan banyak membaca. “Workshop ini ada agar kalian mengetahui pentingnya perpustakaan karena perpustakaan adalah satu-satunya pilihan untuk meningkatkan kualitas diri dan daya saing. Dekat dengan perpustakaan, saya bersumpah, Insya Allah, kalian sukses,” kata Mudhofir penuh semangat.

workshop perpustakaan“Orang-orang hebat itu muncul karena banyak membaca buku, buku memunculkan inspirasi. Perpustakaan merupakan penentu kualitas lulusan IAIN Surakarta baik atau tidak. Perpustakaan juga dapat mengubah cara pandang, cara pikir, serta perilaku,” lanjutnya. Mudhofir menghimbau, agar mahasiswa banyak membaca, mematuhi tata tertib perpustakaan serta banyak berlatih menulis.

Sementara itu Kepala UPT Perpustakaan, Erland Cahyo Saputro menyatakan bahwa tahun ini IAIN Surakarta telah menerapkan automasitasi perpustakaan dengan menggunakan sistem informasis perpustakaan berbasis komputer yang disebut dengan aplikasi software LIBSYS (library system). LIBSYS merupakan aplikasi untuk penelusuran dengan tampilan modern dan telah terkoneksi dengan perpustakaan fakultas.

“Semoga dengan workshop perpustakaan, mahasiswa baru termotivasi untuk sering mengunjungi perpustakaan dan banyak membaca buku. Perpustakaan sudah disediakan oleh IAIN Surakarta, silakan digunakan dengan sebaik-baiknya dan gunakanlah semua buku rujukan semaksimal mungkin,” himbau Erland saat ditemui di sela-sela workshop.

Workshop ini dimoderatori oleh M. Endy Saputro, MA selaku alumni IAIN Surakarta yang mempunyai rekor pengunjung perpustakaan tersering dan peminjam buku terbanyak pada masanya. Sedangkan pemateri pada kegiatan ini disampaikan oleh dua orang pustakawan ahli yang dimiliki IAIN Surakarta, yakni Khoirul Maslahah, SIP., MIP dan Nusrotul Hasanah Rahmawati, S.Pd., MIP. (yin)

Komentar ditutup.