Bg

Peta Sejarah Peradaban Islam

Penulis: Dr. Syamsul Bakri, S.Ag., M. Ag
Penerbit: Fajar Media Press
Cetakan: Cetakan 1, 2011
Tebal: 208 hal
ISBN: 978-602-98351-3

Dalam Perkembangannya, Islam menyejarah dalam fase-fase yang flukuatif, dari fase penciptaan fondasi, fase kejayaan, material hingga fase kebangkitan. Buku ini juga menyajikan berbagai pemikiran yang muncul di setiap fase. Pemikiran-pemikiran moderen revolusioner yang kritis terhadap zamanya juga menjadi poin penting dalam buku ini. Tidak hanya berbicara pada konteks kebudayaan Islam global, buku ini juga menyajikan berbagai pola pemikiran pembaharuan Islam yang terjadi di indonesia.

Sejarah bukan hanya dongeng masa lalu, bukan hanya cerita-cerita monoton. Sejarah adalah peristiwa masalalu yang hidup dan memiliki relevansi dengan fenomena kekinian. Untuk menarik sejarah dalam ruang dan waktu kekinian, maka diperlukan nuansa sinkronis dan pendekatan sosial dalam memahami sejarah.

Corak kronologi dalam buku ini adalah kronologis-diankronis( Memanjang dalam Waktu) dengan tetap tidak mengesampingkan aspek sinkronis (Mengembang dalam Ruang) sehingga diharapkan menjadi bahan bacaan yang konprenhensif. Dengan sifat diakronis maka aliran irama sejarah peradaban islam dapat difahami runtut-kronologis sesuai urutan waktu kejadiaan. Hal ini di perkaya dengan peluasan pemahaman konsep-konsep sosial yang ada dalam irama kronologis tersebut. Dengan tidak mengesampingkan aspek sinkronis maka tulisan sejarah ini lebih menjadi bermakna, bukan sekedar deskripsi runtutan peristiwa yang terjadi

Komentar ditutup.