Oleh: Dr.H. Muhammad Munadi, M.Pd
(Wakil Rektor II, Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan)
Penduduk muslim yang besar dan kekayaan negara muslim yang mencapai lebih dari satu triliun dolar dalam bentuk uang tunai semestinya menurut Ismail Serageldin (2008) dunia Muslim harus siap untuk ledakan ilmiah yang luar biasa. Istilah yang dipakai penulis ini adalah a remarkable scientific explosion. Pada kenyataannya tidak demikian seperti yang dinyatakan Rehab Abd Almohsen (2015) bahwa volume penerbitan sains dari negara-negara Muslim telah berkembang dalam dekade terakhir, tetapi keadaan keseluruhan penelitian di sana tetap buruk. Fakta lain menurut Athar Osama dan Nidhal Guessoum (2016) diketahui bahwa 1,6 miliar Muslim berkontribusi secara tidak proporsional terhadap pengetahuan dunia. Kondisi ini menurut Hille Ofek (2011:4) menyatakan semangat sains di dunia Muslim sama keringnya dengan gurun pasir. Hal itu dapat dilihat dari 239 negara yang masuk di website Scopus negara muslim masuk peringkat ke-20 ke bawah dan itu diduduki oleh Negara Turki. Berikut gambarannya:
Tabel 1. Produktivitas Publikasi Ilmiah Pada Negara Muslim di Web Scopus
Grade | Country | Documents | Citable Documents | Citations | Self-Citations | Citations per Document | H index |
20 | Turkey | 531899 | 496582 | 5048456 | 1164227 | 9.49 | 368 |
22 | Iran | 448079 | 434656 | 3369979 | 1232563 | 7.52 | 257 |
34 | Malaysia | 248457 | 239537 | 1615633 | 421749 | 6.50 | 249 |
39 | Mesir | 177824 | 172042 | 1570448 | 308989 | 8.83 | 231 |
43 | Saudi Arabia | 155805 | 148836 | 1449661 | 234508 | 9.30 | 271 |
46 | Pakistan | 127817 | 121836 | 943372 | 243217 | 7.38 | 217 |
52 | Indonesia | 75220 | 72146 | 466289 | 71052 | 6.20 | 196 |
53 | Nigeria | 75086 | 71046 | 513997 | 105490 | 6.85 | 166 |
56 | Algeria | 57222 | 55916 | 353325 | 75167 | 6.17 | 137 |
57 | Marocco | 54330 | 51172 | 418452 | 79473 | 7.70 | 162 |
59 | United Arab Emirates | 44413 | 41221 | 369499 | 38961 | 8.32 | 169 |
61 | Bangladesh | 40985 | 38897 | 362609 | 63493 | 8.85 | 167 |
66 | Yordan | 35267 | 34138 | 304831 | 36722 | 8.64 | 142 |
69 | Lebanon | 27306 | 24888 | 297197 | 28235 | 10.88 | 170 |
71 | Kuwait | 22167 | 21137 | 225963 | 24058 | 10.19 | 132 |
73 | Qatar | 21433 | 19819 | 173904 | 21178 | 8.11 | 120 |
76 | Kazakhstan | 19444 | 18926 | 70118 | 13641 | 3.61 | 81 |
77 | Iraq | 19023 | 18227 | 85546 | 12853 | 4.50 | 80 |
(Suber Scimagojr dimodifikasi)
Tabel di atas menunjukkan bahwa peringkat di scopus negara-negara muslim menduduki peringkat 20 ke bawah. Setelah Turki diduduki negara Iran pada posisi 20. Selain dua negara tersebut berada di peringkat 30 ke atas. ke semua negara Muslim tersebut berada di bawah negara berikut ini: Amerika Serikat, China, Inggris, Jerman, Jepang, Prancis, Kanada, Italia, India, Spanyol, Australia, Korea Selatan, Federasi Rusia, Netherlands, Brazil, Switzerland, Taiwan, Swedia, dan Polandia.
Berbeda lagi dengan kondisi dokumen penelitian pada sumber data Thomson Reuters / ISI Web of Science Database maka dapat dilihat sebagai berikut:
Tabel 2. Jumlah Publikasi Ilmiah Pada Thomson Reuters
No | Negara | Periode Publikasi | |
1996 – 2005 | 2006 – 2015 | ||
1 | Turki | 32128 | 103624 |
2 | Iran | 12429 | 94286 |
3 | Malaysia | 5928 | 34141 |
4 | Mesir | 15684 | 32251 |
5 | Saudi Arabia | 8438 | 31425 |
6 | Pakistan | 3939 | 25732 |
7 | Tunisia | 4524 | 14139 |
8 | Marokko | 6867 | 8913 |
9 | Aljazair | 3417 | 9901 |
10 | Indonesia | 2576 | 6643 |
11 | Nigeria | 0 | 0 |
12 | United Arab Emirates | 1908 | 4689 |
13 | Bangladesh | 0 | 0 |
14 | Yordania | 2371 | 4918 |
15 | Lebanon | 1422 | 3310 |
16 | Kuwait | 2676 | 3226 |
17 | Qatar | 364 | 2818 |
18 | Kazakhstan | 0 | 0 |
19 | Iraq | 415 | 2422 |
(Sumber dengan dimodifikasi : Athar Osama dan Nidhal Guessoum (2016)
Dua tabel di atas menunjukkan bahwa Indonesia dilihat dari tabel pertama berada di peringkat 7 (tujuh) sedangkan tabel kedua pada peringkat 10 (sepuluh). Ini menunjukkan bahwa Indonesia sangat rendah produktivitas publikasi ilmiah dikarenakan jumlah perguruan tinggi di Indonesia sangat banyak yaitu 4694 buah. Gambarannya dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 3. Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia
No | Lembaga | Negeri | Swasta |
1 | Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat | 0 | 0 |
2 | Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi | 123 | 3205 |
3 | Kementerian Agama | 98 | 1081 |
4 | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika | 1 | 0 |
5 | Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional | 1 | 0 |
6 | Badan Tenaga Nuklir Nasional | 1 | 0 |
7 | Badan Pusat Statistik | 1 | 0 |
8 | Kementerian Dalam Negeri | 65 | 0 |
9 | Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral | 2 | 0 |
10 | Kementerian Hukum dan HAM | 2 | 0 |
11 | Kementerian Informasi dan Komunikasi | 1 | 0 |
12 | Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif | 7 | 0 |
13 | Kementerian Kelautan dan Perikanan | 7 | 0 |
14 | Kementerian Kesehatan | 38 | 0 |
15 | Kementerian Keuangan | 1 | 0 |
16 | Kementerian Perhubungan | 13 | 0 |
17 | Kementerian Perindustrian | 18 | 0 |
18 | Kementerian Pertanian | 12 | 0 |
19 | Kementerian Sosial | 1 | 0 |
20 | Lembaga Sandi Negara RI | 1 | 0 |
21 | Kementerian Pertahanan | 8 | 0 |
22 | Kepolisian | 2 | 0 |
23 | Lembaga Administrasi Negara | 3 | 0 |
24 | Kementerian Perdagangan | 1 | 0 |
25 | Badan Intelijen Negara | 1 | 0 |
Jumlah | 408 | 4286 |
(Sumber Data dari Forlapdikti dengan modifikasi)
Jumlah sebanyak itu, semestinya kalau berasumsi setiap tahun setiap Lembaga memiliki hasil penelitian 2 buah hasil penelitian yang dipublish di scopus dan Thomson reuters maka akan ada kenaikan signifikan jumlah publish di indeksasi karya ilmiah tersebut. Akan semakin bertambah lagi kalau dilihat dari jumlah program studi sebagai pengembang ilmu maka akan semakin besar lagi jumlah produktifitas publikasinya.
MENGURAI PROBLEM RENDAHNYA PUBLIKASI ILMIAH
Problem lemahnya publikasi ilmiah yang terindeks internasional bisa dipecahkan dengan berbagai cara. Athar Osama dan Nidhal Guessoum (2016) memberikan saran dengan beberapa modifikasi diantaranya Perguruan tinggi perlu penguatan filsafat dan sejarah dalam melihat dan memahami relasi agama dan sain. Ketika ada kekuatan filsafat dan sejarah dalam diri seorang ilmuwan menjadikan tidak ada lagi anggapan bahwa sain dan agama ada kontradiksi. Selain itu hampir semua komunikasi global dengan Bahasa asing maka diperlukan penguatan Bahasa asing. Bahasa asing terutama ketrampilan menulis (tulisan) dan berbidara (lisan) dikembangkan di perguruan tinggi agar apa yang dihasilkan oleh Pendidikan/pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat bisa dinikmati oleh bangsa lain yang berbeda Bahasa. Selain itu pengembangan dan penguatan bidang sains dan matematika dengan tujuan untuk pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana ilmu bekerja dan para ilmuwan berpikir, dan bagaimana menganalisis masalah. Yang tidak kalah penting dalam pembelajaran dan Pendidikan di kelas apapun pelajarannya harus dengan memakai metode praktik berbasis bukti (evidence-based practices) dan Inquiry-based education (IBE). Penguatan dan pengembangan selain ilmu sosial dan humaniora yang selama ini sudah terjadi melalui banyak inisiatif dan inovasi baru tentang science, technology, engineering and mathematics (STEM). Pengembangan kompetensi dosen terutama penulisan dan publikasi ilmiah serta penguatan otonomi untuk universitas bagi inovasi ilmu dan pedagogis. Wallahu a’lam.
Rujukan:
Athar Osama and Nidhal Guessoum. (2016). Is this the dark age of the Muslim world? https://www.dawn.com/news/1268180
Hillel Ofek. (2011). “Why the Arabic World Turned Away from Science,” The New Atlantis, Number 30, Winter 2011, pp. 3-23. https://www.thenewatlantis.com/docLib/20110605_TNA30Ofek.pdf
Ismael Serageldin (2008). Science in Muslim Countries. Science 08 Aug 2008:Vol. 321, Issue 5890, pp. 745. http://science.sciencemag.org/content/321/5890/745
Rehab Abd Almohsen. (2015). Science in Muslim world improved but still dismal. 16-11-2015. https://www.scidev.net/global/r-d/news/science-muslim-world-research-funding.html