Bg

Prof. Amsal, “Pendidikan Tinggi Islam Sebagai Investasi Bagi Pembangunan Bangsa”

Diterbitkan tanggal 30 Juli 2015

SINAR – Dikatakan dalam seminar nasional yang dihelat pada kamis, (30/7), di ruang rapat senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta dengan mengusung tema “Meningkatkan Kontribusi Pendidikan Islam Sebagai Investasi Bagi Masa Depan Peradaban Bangsa”.

Seminar Nasional Akademik 30072015Seminar yang dibuka secara langsung oleh Rektor IAIN Surakarta dan dihadiri lebih kurang 100 peserta dari civitas akademika IAIN Surakarta dan tamu undangan dari sejumlah pendidikan tinggi Islam dibawah naungan Kemenag RI ini mengundang narasumber Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA (Direktur Pendidikan Tinggi Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI) dan Prof. Drs. Pawito, Ph D (Guru Besar Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta).

Dalam paparannya Prof. Amsal mengatakan kaitannya untuk peningkatan kontribusi pendidikan tinggi Islam sebagai investasi bagi pembangunan bangsa tertitik pada peningkatan akses dan mutunya.

Menurutnya, hal tersebut dapat diwujudkan secara nyata melalui penyediaan dan pengembangan sarana prasarana perguruan tinggi agama Islam (PTAI), termasuk di daerah bencana, terpencil dan tertinggal; peningkatan mutu lulusan dan daya saing bertaraf internasional; peningkatan mutu kurikulum dan bahan ajar; peningkatan partisipasi masyarakat dan bantuan luar negeri; pengembangan kemitraan dengan berbagai pihak; pengembangan Ma`had Aly pada PTAI; penataan program studi dan bidang keilmuan yang fleksibel memenuhi kebutuhan pembangunan; penguatan konsorsium ilmu-ilmu keislaman yang memperkuat pengembangan dan pengkajian ilmu-ilmu keislaman di PTAI; serta peningkatan mutu tata kelola PTAI.

Pada kesempatan selanjutnya, Prof. Pawito menyampaikan perihal esensi pendidikan yang memadai dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Pendidikan sejatinya bukan hanya berorientasi pada knowing saja, tetapi juga being dengan memasukkan prinsip-prinsip nilai etika dan moralitas.

Sementara itu, Rektor IAIN Surakarta, Dr. Imam Sukardi menyambut baik atas terselanggaranya seminar nasional ini. Untuk mencetak generasi penerus bangsa yang hebat, bermartabat, serta berakhlak mulia merupakan tanggung jawab kita semua dan IAIN Surakarta selaku penyelenggara pendidikan tinggi yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman dirasa penting untuk ikut berpartisipasi. Melalui seminar ini diharapkan menghasilkan sebuah strategi dan inovasi dalam hal peningkatan kontribusi perguruan tinggi islam untuk masa depan peradaban bangsa. (Mahendra)

Komentar ditutup.