Bg

RACANA IAIN Surakarta Delegasikan Anggotanya Ikuti Diklat Pengenalan Penanggulangan Bencana dan SAR Di UIN Walisongo

Diterbitkan tanggal 31 Juli 2018

SINAR- Racana IAIN Surakarta delegasikan tiga anggotanya dalam Diklat Pengenalan Penanggulangan Bencana dan SAR yang dilaksanakan oleh Racana Walisongo Brigade Rajawali UIN Walisongo. Kamis-Selasa (26-31/07), kampus UIN Walisongo dan Waduk Jatibarang Semarang. Terbagi menjadi dua kelompok yakni Water Rescue dan Jungle Rescue, diklat ini diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pandega di seluruh pulau Jawa yang bertujuan untuk mengenalkan dan menanggulangi musibah di wilayahnya.

Tiga peserta dari Racana IAIN Surakarta yakni Kak Dhanu Eko Nugroho, Kak Egie Martha dan Kak Galih Dwi Aji masuk sebagai peserta diklat dalam kelompok Jungle Rescue. Delegasi peserta dari Racana IAIN Surakarta berangkat ke kampus III UIN Walisongo pukul 05.00 WIB. Selama dua hari, peserta diberi materi ruangan atau indoor. Pemateri berasal dari instruktur BNPD, TAGANA dan SAR.

Pada hari berikutnya peserta diarahkan untuk bergegas menuju waduk Jatibarang menggunakan kendaraan BNPD dengan jarak tempuh sekitar 39 menit. Di area waduk melakukan praktik dalam menanggulangi bencana alam maupun musibah yang dialami manusia dan pengetahuan tentang survival atau bertahan hidup di alam. Kemudian dihari selanjutnya terdapat suatu simulasi guna menguji kemampuan dari para rescuer. Kegiatan pun ditutup dengan wisata bersama di Maerakaca.

Dalam kegiatan ini menunjukkan bahwa seorang pramuka itu mampu bertahan hidup dimana saja. Semoga dengan kegiatan ini, delegasi peserta kegiatan dari Racana IAIN Surakarta dapat berbagi ilmu yang telah di dapat kepada orang-orang di sekitarnya dan dapat menjadi pramuka yang bermanfaat bagi lingkungannya. “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”. (Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.