Bg

Rapat Dalam Kantor, IAIN Surakarta Bahas Penyusunan Instrumen Pengelolaan Arsip Dinamis

Diterbitkan tanggal 11 April 2018

SINAR- Naskah merupakan rangkuman perjalanan sejarah yang tersimpan. Untuk membaca sejarah maka keberadaan naskah amatlah penting. Hal tersebut disadari pula oleh IAIN Surakarta. IAIN Surakarta merupakan perguruan tinggi yang semakin berkembang. Untuk itu semua rekam jejak IAIN Surakarta perlu diatur dalam tata naskah dinas yang bisa bermanfaat dikemudian hari nanti sebagai bukti sejarah.

Dalam kesempatan ini Istilamah Laili, S.Sos., sebagai satu-satunya arsiparis di IAIN Surakarta mengajak semua lini di IAIN Surakarta untuk membahas dan mendukung pengelolaan arsip dinamis. Bersama Istilamah hadir pula Lastur Wahyudi, S.Kom., seorang arsiparis madya yang berasal dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemprov Jawa Tengah. Berdua dengan Istilamah, Lastur memberikan apresiasi kepada jajaran Rektorat IAIN Surakarta yang telah memahami pentingnya arsip untuk masa depan.

Dengan Rapat Dalam Kantor (RDK) yang dikhususkan untuk membahas pengelolaan arsip dinamis maka IAIN Surakarta memiliki andil besar dalam penjagaan jejak sejarah bangsa ini. Ada empat instrumen yang harus diselesaikan dalam RDK malam ini, Rabu (11/4) yaitu: Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip (JRA) dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip. Menurut Istilamah, keempat hakl tersebut sangat vital apalagi di era digital ini, hampir semua bisa langsung share di media sosial. Jika pengetahuan tentang arsip tidak diberikan bisa saja arsip negara yang berdampak kepada goyangnya keamanan negara ini terpublikasi secara bebas”, ucapnya. Untuk itu kita harus mengetahui siapa saja yang berhak untuk mengakses sebuah arsip. Apalagi dalam sebuah Perguruan Tinggi yang semakin besar seperti IAIN Surakarta ini, arsip menjadi barang yang paling berharga.

Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Mudofir, M.Pd bersama jajaran rektorat dan seluruh bagian dan lembaga/ unit di lingkungan IAIN Surakarta yang menjadi peserta rapat berharap dalam RDK ini bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan IAIN Surakarta. (Gie/Humas dan Publikasi) #banggaiainsurakarta

Komentar ditutup.