Bg

Rektor: Masjid Al Imam Bukhori IAIN Surakarta Harus Menjadi Pusat Kegiatan Masyarakat

Diterbitkan tanggal 11 Januari 2017

SINAR- Sebagai langkah awal untuk menunjukkan kemanfaatan masjid Al Imam Bukhori IAIN Surakarta untuk masyarakat lingkungan sekitar, maka Rektor IAIN Surakarta melalui Takmir masjid Al Imam Bukhori adakan seleksi muadzin dan badal imam masjid, Rabu, (11/1). Saat membuka acara Rektor IAIN Surakarta mengatakan bahwa kita harus menunjukkan manfaat masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah melainkan menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Langkah ini perlu diambil guna memperbaiki kualitas masjid Al Imam Bukhori. “Bukan hanya fisik yang akan diperbaiki, tetapi semua hal yang mengenai sumber daya manusia dan manajemen akan diperbaiki,” kata Dr. Zainul Abas, M.Ag., selaku Ketua Takmir. Lebih lanjut Dr. Zainul mengatakan dengan adanya suasana qur’ani (menghidupkan amalan-amalan sunnah di masjid seperti membaca Al Qur’an, lantunan sholawat, tempat ta’lim muta’alim) serta dengan melantunkan adzan & iqomah yang indah akan menambah suasana sejuknya IAIN Surakarta. Harapannya pula jika ada badal imam maka setiap waktu sholat fardhu dapat ditunaikan secara berjamaah, bacaan  imam yang fasih, dan memenuhi syarat dan rukun sholat. Begitu juga dalam sholat jum’at.

Untuk itulah, kegiatan seleksi muadzin dan badal imam masjid Al Imam Bukhori IAIN Surakarta penting untuk dilakukan. Selain untuk menunjukkan kualitas mahasiswa peserta seleksi, takmir masjid juga berharap bisa mendidik mahasiswa yang jauh dari sikap radikal atau bentuk makar terhadap pemerintah. Dengan lebih 25 peserta yang telah mendaftar sebagai peserta, kegiatan penyeleksian tersebut berlangsung hingga menjelang maghrib.

Drs. H. Abdullah Faishol M.Hum, bersama tim juri lainnya seperti Drs. H. Khusaeri, M.Ag., Dr. Zainul Abas, M.Ag, Drs. Subandji, M.Ag, menguji para peserta dalam hal bacaan sholat, baca tulis Al Qur’an, macam seni lagu baca Al Qur’an, khutbah sesuai rukun dan syarat syahnya, serta lantunan adzan iqomah. Peserta yang memenuhi kriteria panitia maka akan terpilih untuk mengelola Masjid Al Imam Bukhori IAIN Surakarta. IAIN Surakarta melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama juga akan memberikan beasiswa bagi para mahasiswa yang mengelola Masjid Al Imam Bukhori. Harapannya ke depan masjid dapat diberdayakan untuk kegiatan sosial, kegiatan ekonomi dan lain sebagainya yang dapat memberdayakan masyarakat (Gie/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.