Bg

Relawan UKM SPECTA IAIN Surakarta Bantu Masyarakat Giricahyo Mengangkat Air Dari Gua Plawan

Diterbitkan tanggal 2 April 2021

SINAR- Relawan Mapala UKM Specta IAIN Surakarta berpartisipasi dalam”Ekspedisi 1000 Sumber Air Untuk Indonesia” yang dilaksanakan pada 01-02 April 2021 bertempat di Desa Giricahyo, Purwosari, Gunung Kidul. Tim relawan yang bertugas Beranggotakan 9 Orang yakni Aji, Sukma, Alvin, Jundi, Aziz, Anif, Abi, Bagus, dan Fahmi.

Tercukupi kebutuhan akan air bersih adalah mimpi masyarakat Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Dalam kenyataan, kesulitan air yang dialami masyarakat desa Giricahyo bertolak belakang dengan kondisi alam yang dimiliki. Gua di desa tersebut disinyalir mengandung sumber air bawah tanah yang cukup besar yakni sumber air Gua Plawan.

“Di daerah sini memang susah untuk mendapatkan air, banyak warga yang masih membeli air dari pemerintah dan ada yang menampung air hujan”. Kata Bapak RW setempat. Dikarenakan potensi besar tersebut telah terpasangnya mesin pompa untuk mengambil air dan disalurkan ke penampungan air yang berada di atas, sekitar mulut Gua. Mesin Pompa yang ada tidak selamanya berfungsi dengan baik.
“Mesin pompa yang telah terpasang memiliki gangguan/masalah sehingga air tidak maksimal sampai ke atas (penampungan)”. Ujar Alvin angota team pengangkatan

Dalam pengangkatan air Gua Plawan sumber air berada di pitch 5 dengan kedalaman ± 300 meter, hujan mengguyur sekitar Gua Plawan saat sebagian team telah memasuki mulut Gua hingga mencapai pitch 2. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat beberapa anggota team yang bertugas untuk melakukan pengecekan dan mengganti mesin pompa tersebut untuk kelangsungan hidup warga sekitar Gua Plawan yang membutuhkan air bersih. (Gie/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.