Bg

Revolusi Industri 4.0, Tantangan Bagi Mahasiswa di Dunia Pendidikan

Diterbitkan tanggal 20 September 2018

SINAR- Kamis (20/9) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Surakarta menyelenggarakan seminar kemahasiswaan dengan tema “Here Comes a New Challeger! College Students Against the World of 4.0.” Seminar yang diadakan di aula eks Gedung Pasca lantai 4 IAIN Surakarta tersebut menghadirkan pembicara dari UIN Sunan Kalijaga Dr. Muqowim, S. Ag.,M.Ag dan Dr. SF. Luthfie Arguby Purnomo S.S., M.Hum dari IAIN Surakarta.

Seminar yang dilaksanakan sehari penuh ini dihadiri oleh 150 mahasiswa dari berbagai universitas negeri maupun swasta se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan dari kampus IAIN Surakarta diwakilkan oleh mahasiswa dari berbagai ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) yang ada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag. menyampaikan dalam sambutannya sekaligus membuka acara, bahwa seminar ini penting. “Mahasiswa harus mengetahui tentang revolusi industri 4.0 terlebih yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Setiap adanya revolusi maka tentunya terjadi perubahan besar, sedangkan saat ini kita sudah memasuki revolusi industri yang ke-4,” terangnya.
Sementara itu Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Hj. Siti Choiriyah, M.Ag menyampaikan bahwa revolusi industri 4.0 atau yang disebut dengan era digital menjadi tantangan bagi Ormawa apakah bisa siap menghadapinya. Bagi yang tidak optimis Era Revolusi 0.4 menjadi sebuah ancaman, namun bagi yang optimis era revolusi industri menjadi sebuah peluang sekaligus tantangan. “Revolusi Industri 4.0 dapat memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa mengembangkan diri sekaligus memaksimalkan potensi-potensi diri kita khususnya tentang digitalisasi revolusi industri,” jelasnya.
Di era sekarang mahasiswa dituntut harus memahami apa itu revolusi industri dan bagaimana mengkaitkan dengan dunia pendidikan. Untuk itu melalui seminar ini diharapkan bisa membangun kesadaran mahasiswa khususnya para aktivis dalam mempersiapkan untuk hidup pada era revolusi industri 4.0 agar tidak tertinggal. (JnR-MgFar/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta #SuksesAPT-A

Komentar ditutup.