Bg

S3 Managemen Pendidikan Islam PPs IAIN Surakarta Segera Dibuka

Diterbitkan tanggal 9 Januari 2018

SINAR – Setelah visitasi kelayakan Program Doktor (S3) IAIN Surakarta, akhirnya ijin penyelenggaraannya turun juga. Persiapan demi persiapan telah dilakukan. Guru Besar IAIN Surakarta Prof. Dr. H. Usman Abu Bakar M.A. bersama Direktur Program Pascasarjana (PPs) IAIN Surakarta Dr. H. Baidi, M.Pd. saat ini tengah mematangkan persiapan dibukannya S3 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

Ditemui team Humas diruang kerjanya, Selasa (9/01), Prof. Usman mengisahkan perjalanan panjang persiapan membuka Program Doktor ini. Ia menceritakan, sebenarnya langkah awal sudah dimulai sejak Prof. Dr. Nashruddin Baidan menjabat sebagai Direktur Pascasarjana (PPs), berlanjut pada Prof. Drs. H. Rohmat, M.Pd., Ph.D. hingga era Dr. H. Baidi, M. Pd.

“Aspek kurikulum tinggal pematangan, melalui workshop internal baik dari sisi mata kuliah maupun SAP-nya. Termasuk untuk dosen pengampu juga sudah kami siapkan karena PPs IAIN Surakarta telah menjalin kerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi seperti UIN Sunan Kalijaga, UNIDA, UNY dan UNS”, jelasnya.

Tak ketinggalan, sarana prasarana juga sudah ada. Bahkan, mahasiswaa pun juga sudah disiapkan. “Ada 15 calon mahasiswa S3, hasil kerja sama kami dengan UNIDA (Universitas Djuanda) Bogor”, terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa hasil yang telah dicapai hingga saat ini, termasuk marketing yang sudah berjalan merupakan bagian meneruskan cita-cita para pendiri kampus ini agar IAIN Surakarta semakin berkibar.

Dr. H. Baidi, mengungkapkan hal yang senada, dimana langkah ini merupakan perjuangan jangka panjang menuju UIN Surakarta. “Bekerja membangun IAIN Surakarta agar segera menjadi UIN Surakarta”, terangnya.

Ditanya kapan kepastian dibukannya, Dr. H. Baidi menjawab, “Secepat-cepatnya Juni siap. Bahkan kalau di buka sekarang pun siap. Hanya saja kita harus nunggu revisi RKAKL (Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga_red) dulu”, terangnya.

Diujung wawancara kami, baik Prof. Usman maupun Dr. H. Baidi tak lupa memberikan nasehat dan motivasi agar para dosen terus melanjutkan pendidikan hingga Profesor, “Jangan mengejar jabatan karena ruh Perguruan Tunggi adalah para Doktor dan Profesor”, demikian pesan Prof. Usman diakhir pembicaraan.  (Win / Humas Publikasi). #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.