Bg

Sarasehan Dengan Alumni Ka. Biro AUAK Gagas IAIN Surakarta Menuju UIN

Diterbitkan tanggal 26 Mei 2016

SINAR – Bertempat di Angkringan Solo, sub bagian humas dan publikasi Institut Agama Islam Negeri IAIN Surakarta menggelar pertemuan “semi reuni” antara para alumni IAIN Surakarta yang berkecimpung di dunia massa baik cetak maupun elektronik dengan pihak Institut yang dihadiri oleh Ka. Biro AUAK IAIN Surakarta, Dr. H. A. Umar, MA, Kamis (26/5).

Pertemuan yang sengaja dirancang informal ini berlangsung sangat hangat dengan dihadiri oleh 9 alumni dan 5 mahasiswa yang berasal dari lembaga pers baik di tingkat institut maupun fakultas. Umar dalam sambutannya mengatakan bahwa silaturahmi ini sangat penting untuk merangkul para alumni. “Publikasi tulisan para dosen adalah sesuatu yang pokok. Selain itu, dengan publikasi yang luas, suara IAIN Surakarta tidak hanya sampai di telinga warga Solo, namun bisa meluas hingga Semarang dan bahkan bisa lebih luas lagi. Kami sengaja mempertemukan para alumni dengan adik-adik mahasiswa yang berada di lembaga pers agar saling membaur untuk sharing ilmu,” terangnya.

Abu Nadhif, alumni tahun 2004 yang sudah bekerja di Solopos selama 13 tahun mengungkapkan kegembiraannya bisa bertemu dengan teman-teman se-almamater . Dia berharap agar pertemuan ini dapat memotivasi adik-adik mahasiswa yang berada di lembaga pers. Abu mempertegas bahwa pembuktian diri itu dengan bekerja. “Kita tidak perlu minder dengan para alumni dari kampus yang sudah terkenal atau dianggap lebih mampu mengerjakan sesuatu. Pembuktian diri itu dengan kerja, menunjukkan kompetensi saat bekerja. Bukan urusan darimana kita diluluskan, berapa IPK kita, dan sebagainya. Saya bisa mengatakan ini karena saya sudah membuktikannya sendiri,” paparnya. Abu sebagai alumni yang menjabat sebagai redaktur berusaha semaksimal mungkin memberi kontribusi terbaik untuk insitut, imbuhnya.

Senada dengan Abu, Andreas salah satu alumni yang sekarang sedang berkarya di RBTV Kompas sangat senang dengan adanya pertemuan yang difasilitasi oleh bagian humas IAIN Surakarta. Andreas pun singin memajukan almamaternya dengan caranya sendiri. Kebetulan tahun 2015 Andreas ditarik oleh Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menjadi Dosen Luar Biasa (DLB) untuk membagikan ilmunya pada mata kuliah broadcasting.

Alumni lain yang hadir, adalah mereka yang sedang berkarya di tribunsolo.com (Labib), Lintas Solo (Tri Ari Munaji), Radio Hiz fm (Himawan), Joglosemar (Ari Welianto), candananews.com (Harun Ar Rosyid), Jateng Pos (Ahmad Yasin), dan Radar Solo (Adi Prasetyawan).

Dihubungi secara terpisah, Dr. Syamsul Bakri selaku Wakil rektor bidang kerjasama dan alumni menyatakan bahwa corong alumni di media massa sangat dibutuhkan oleh institutsi. Peran media sudah bersifat mutlak dalam publikasi kerja akademik dan menjaga peran dalam merubah cara pandang masyarakat menjadi lebih kritis dan berkeadaban. “Kami juga sedang mengembangkan alumni career center,” ungkapnya.

Sedangkan kabar gembira dari pihak institut adalah dalam waktu dekat, IAIN Surakarta akan memiliki media center, sebuah ruang khusus yang disiapkan untuk berkumpulnya rekan-rekan media. Media center ini merupakan pengoptimalan dari fungsi humas yag telah ada selama ini. (Yin/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.