Bg

Sebarkan Islam Moderat, IAIN Surakarta Undang Prof. Dr. Mohamed Mohamed Enam Dawood

Diterbitkan tanggal 19 September 2017

SINAR – Peran IAIN Surakarta dalam menyebarkan Islam moderat terus dilakukan, kali ini melalui sebuah seminar yang digelar Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) IAIN Surakarta, Selasa, (19/09).

Acara yang bertempat di Rektorat Lt. III tersebut mengundang narasumber dari Mesir, Prof. Dr. Mohamed Mohamed Enam Dawood, Guru Besar Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Suez Canal, Mesir.

Rektor IAIN Surakarta, Dr. H. Mudofir Abdullah, M.Pd. dalam sambutanya mengatakan pentingnya dialog seperti dalam acara yang prakarsai oleh PPB ini, untuk menghadapi kondisi global sekarang. “Ekstrimisme dan kekerasan memang menjadi masalah hari ini dan sudah berlangsung sejak lama”, jelasnya.

Prof. Dr. Mohamed Mohamed Enam Dawood dalam paparannya menjelaskan bahwa secara umum, Islam memberikan inspirasi untuk selalu damai, karena diikat oleh rasa persaudaraan. “Islam mengajarkan persaudaraan dan perdamaian sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah ‘azza wa jalla: innamal mukminuna ikhwah”, paparnya.

Lebih lanjut, dia menambahkan, bahwa Islam menolak berbagai pemikiran ekstrim, kekerasan dan terorisme. Menurutnya, justru Islam datang dengan tujuan memberikan rahmat kepada seluruh alam, “Wa ma arsalnaka illa rahmatalil’alamin”, katanya, mengutip sebuah ayat Al Qur’an.

Dalam forum yang menggunakan bahasa Arab tersebut, dan dihadiri oleh para akademisi dari berbagai kalangan, tapi tidak membuat suasana tegang karena panitia menyelingi acara dengan iringan rebana yang menyejukkan. Ditambah pembagian 200 buku untuk para peserta yang hadir. Diakhir acara, Prof. Dr. Mohamed Mohamed Enam Dawood nampak sibuk melayani para mahasiswa yang berebut ingin selfie bersamanya. (Win/Humas Publikasi). #BanggaIAINSurakarta.

Komentar ditutup.