Bg

Selalu Lakukan Sesuai Target Yang Tertulis, Akan Membimbing Menuju Cita-Cita

Diterbitkan tanggal 25 November 2021

Oleh: Retno Wulan Widiasih
(Wisudawan Terbaik Hukum Ekonomi Syariah/Fakultas Syariah)

Setiap wisudawan pasti memiliki pengalaman dan lika-liku perjuangannya masing-masing, begitupun saya. Sejak awal masuk SMA saya berniat kuat untuk melanjutkan kuliah. Beruntung niat saya tersebut didukung penuh oleh kedua orang tua saya. Sekolah saya sebelumnya, SMA N 1 Sukoharjo juga banyak memberikan pengarahan terkait jalur masuk kuliah. Kakak tingkat yang lebih dulu memasuki jenjang perkuliahan juga tidak segan untuk memberikan penjelasan kepada saya terkait jalur masuk perkuliahan.

Dengan segala informasi yang saya miliki, semua berjalan lancar pada awalnya. Sampai kurang lebih seminggu sebelum ujian sekolah saya mengalami kecelakaan. Saat itu kaki saya patah dan harus menjalani operasi. Singkat cerita karena itu berbulan-bulan saya tidak dapat berjalan.

Saya mendaftar ke UIN Raden Mas Surakarta lewat jalur mandiri. Saat itu saya tes di Gedung Pascasarjana (sekarang Gedung Fakultas FAB) lantai 3. Berjalanpun saat itu saya masih menggunakan tongkat dan dibantu. Beruntung saya akhirnya dapat diterima pada prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah.

Memasuki awal perkuliahan, saya merasa kesulitan memahami materi mata kuliah. Saya merasa tertinggal dibanding dengan teman-teman yang lain. Namun, saya bertekad bahwa jika saya berusaha pasti bisa. Saya berusaha untuk memperhatikan dengan tekun di kelas, bertanya pada dosen dan teman-teman, sampai membaca buku dan referensi pendukung lainnya semaksimal mungkin. Untuk mata kuliah yang menurut saya sulit, saya selalu meluangkan waktu lebih untuk belajar. Saya bahkan sempat mengulang mata kuliah yang menurut saya kurang maksimal.

Saya selalu berusaha membuat target yang ingin dicapai. Setiap harinya saya juga membuat to do list. Walaupun saya tidak selalu dapat mencapai apa yang saya targetkan, tetapi menurut saya dengan membuat target, sangat membantu saya untuk lebih semangat dalam belajar ataupun mengerjakan tugas.

Memasuki semester 4, saya berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa Bank Indonesia. Saya menerima beasiswa selama 2 periode yaitu pada tahun 2019 dan 2020. Selain mendapatkan dana pendidikan, saya juga berkesempatan untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh BI dan menjadi bagian dari komunitas penerima beasiswa BI yaitu GenBI. Di GenBI Solo posisi saya sebagai staf divisi Lingkungan Hidup.

Di Fakultas, pada tahun 2020 saya juga berkesempatan untuk menjadi pengurus DEMA Fakultas Syariah sebagai staf PSDM. Saya berusaha untuk aktif dalam setiap kegiatan organisasi, tanpa melupakan kewajiban saya di bidang akademik.

Dengan mengikuti naluri serta target yang tertulis maka dapat dikatakan kita telah menyusun tiap anak tangga hingga sampai puncak gedung tertinggi. Hasil tidak akan menghianati usaha yang telah kita lakukan. Lakukan yang terbaik dan sebaik-baiknya, begitu seterusnya agar tidak ada kata menyesal dikemudian hari.

Penulis

Retno Wulan Widiasih
Wisudawan Terbaik Hukum Ekonomi Syariah/Fakultas Syariah)

Komentar ditutup.