Bg

Selenggarakan Public Lecture, IAIN Surakarta Undang Direktur Pascasarjana UIN Suka

Diterbitkan tanggal 2 Mei 2018

SINAR- Rabu, (02/05) IAIN Surakarta menyelenggarakan Public Lecture dengan tema “Literatur Generasi Muslim Milenial” di Aula Rektorat Lantai 3. Dalam acara yang dimoderatori oleh Hamdan Maghribi tersebut menghadirkan pembicara yang sudah tak asing lagi di bidang literatur, adalah Direktur Pascasarjana UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Kalijaga (SUKA) Yogyakarta Prof. Noorhaidi Hasan, M.A., M.Phil., Ph.D.

Acara yang dihadiri ratusan peserta ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. H. Abdul Matin Bin Salman, Lc.M.Ag, beliau  menyampaikan “tujuan acara ini adalah memetakkan literatur keislaman anak muda muslim generasi milenial yang lahir dalam rentang 25 tahun terakhir dan tumbuh dalam dominasi budaya digital” ujarnya.

Sementara itu Prof. Noorhaidi Hasan, M.A., M.Phil., Ph.D menjelaskan bahwa literatur keislaman mencakup buku-buku teks yang dipakai didalam kelas, maupun bacaan diluar kelas seperti buku, majalah dan leaflet yang berpengaruh terhadap konstruksi pengetahuan. Dalam penjelasannya beliau juga menyampaikan tentang riset literaturnya yang ia pimpin beserta tim peneliti di 16 lokasi di indonesia yakni ; Medan, Pekanbaru, Padang, Bogor, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Jember, Pontianak, Banjarmasin, Makasar, Pekanbaru, Mataram, Ambon dan Denpasar. Dalam penelitian ini beliau juga menggunakan metode dokumentasi, buku, wawancara dengan 288 informan dan 32 Focus Grup Discussion (FGD) diikuti 320 Siswa.

Di akhir acara moderator memberikan closing statement “Membakar buku itu memang bahaya. Tapi lebih bahaya jika tidak membacanya” ujarnya. (MgMay/ Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.