Bg

Semarak Anniversary Six UKK KSR PMI IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 9 September 2019

SINAR- Semarak ASix (semarak anniversary six) adalah ulang tahun UKK KSR PMI Unit IAIN Surakarta. Dalam memperingati Semarak ASix tersebut UKK KSR PMI Unit IAIN Surakarta telah mengadakan berbagai kegiatan selama tiga hari diantaranya adalah pada hari pertama Jum’at tanggal 6 September 2019 UKK KSR PMI Unit IAIN Surakarta menyelenggarakan kegiatan donor darah yang bertempat di ruang rapat Fakultas Syariah IAIN Surakarta yang melibatkan PMI Sukoharjo dan bekerjasama dengan Dema Syariah. Dibuka dari pukul 08.00 sampai pukul 12.00  banyak Mahasiswa yang datang ingin donor darah dan harus sabar mengantri, dilihat dari itu semua bahwasanya keinginan untuk bisa menolong sesama adalah kepuasan batin yang tidak bisa dinilai dengan apapun.

Kemudian untuk hari kedua Sabtu  7 september 2019 dilanjut dengan kegiatan Ajang Karya Relawan Muda (AKAR MUDA) yaitu lomba PMR Wira se-Karesidenan Surakarta. Dimana inilah saatnya mereka para remaja-remaja relawan muda menunjukkan kualitas dan kreativitas dengan kemampuan potensi yang dimiliki dalam diri mereka melalui persaingan kuat, dengan mengikuti berbagai lomba-lomba AKAR MUDA. Lomba PMR yang di ikuti dari 14 Sekolah Menengah Atas antaranya adalah SMA N 2 Sragen, SMA N 3 Sragen, SMA N 1 Sragen, SMA Warga Surakarta , SMK N 2 Sukoharjo, SMA  N 1 Sukoharjo, SMA Al Islam 1 Surakarta, SMA N 1 Ngemplak, SMA MTA Surakarta, SMK CITRA MEDIKA, SMA N 1 MIRI,  SMA N 3 Surakarta, SMA Batik 1 Surakarta, SMA Binus Karanganyar. Lomba-lombanya berupa lomba PK (Perawatan Keluarga), lomba PRS (Pendidikan Remaja Sebaya, lomba PP (Pertolongan Pertama) yang jurinya di ambil dari PMI Solo, PMI Sukoharjo serta PMI Karanganyar. Adapun lomba lainnya adalah lomba tandu darurat dan lomba pentas seni. Sebelum lomba-lomba tersebut dimulai semua peserta mengikuti upacara pembukaan terlebih dahulu dengan dihadiri para tamu undangan dari Pembina, Perintis, dan PMI Sukoharjo. Pada saat sambutan Pembina yaitu oleh Bapak P.R. Rudi Hartono, A.K.S , beliau menyampaikan bahwasannya sangat bangga dan bersyukur melihat semangat-semangat para relawan muda yang aktif antusias di kegiatan ini. Karena dipandang dari zaman sekarang, zaman milenial, zaman globalisasi dimana diluar sana banyak anak-anak yang lebih suka hura-hura bermalesan dan kurang sekali rasa kemanusiaan terhadap sesama namun di ajang AKAR MUDA ini menjadikan relawan-relawan muda untuk terus berkarya dan menolong sesama. Setelah selesai upacara pembukaan semua peserta melakukan persiapan untuk mengikuti lomba yang bertempat di Lab lantai 1 dan 2 IAIN Surakarta. Setelah semua selesai, kemudian dilanjut pada malam harinya yang tidak kalah seru yaitu malam puncak Semarak Asix bertempat di Gedung Graha IAIN Surakarta dengan pemotongan tumpeng dalam suasana remang-remang yang mendukung terlihat harmonis sekali sambil di iringi musik selamat ulang tahun.  Tidak kalah asyik lagi yang ditunggu-tunggu juga adalah PENSI dari kontingen yang sudah terseleksi masuk 5 terbaik. Penampilan-penampilan yang luar biasa totalitas semangat tinggi membuat penonton yang melihat akan terfokus terus, menikmati dan sangat terhibur sekali. Setelah PENSI selesai ada persembahan juga dari Band Gas 21 yang ikut serta memeriahkan Semarak ASix UKK KSR PMI Unit IAN Surakarta.

Pada Hari terakhir Minggu 8 September 2019 pukul 08.00- 09.00 dengan acara Fun Week yang diikuti semua peserta AKAR MUDA melakukan senam bersama di lapangan pusat IAIN Surakarta. Sampai pada akhirnya di  penghujung acara Closing Ceremony serta yang sangat ditunggu-tunggu peserta adalah Pengumuman Juara. Dinilai dari keseluruhan semua lomba-lomba diatas yang berhasil mendapat juara 1 di raih oleh SMA AL ISLAM 1 Surakarta, juara 2 diraih SMA MTA Surakarta, dan juara 3 diraih oleh SMA N 3 Surakarta. Kalah atau menang itu hal biasa dalam sebuah pertandingan karena yang terpenting adalah kekompakkan, kebersamaan, dan kerja sama. Jadikan kekalahan sebagai pelajaran berharga untuk belajar  berubah menjadi lebih baik kedepannya, dan jadikanlah kemenangan sebagai pegangan untuk menambah semangat terus mempertahankan semua yang ada. (Gie/Humas Publikasi)

Sumber: Moudy

Komentar ditutup.