Bg

Seminar Akademik, Rumus Dahsyat Menjadi Mahasiswa Akademis dan Aktifis

Diterbitkan tanggal 15 Oktober 2015

SINAR – Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menyelenggarakan Seminar Akademik dengan mengusung tema Rumus Dasyat Menjadi Mahasiswa Akademis dan Aktifis, bertempat di Gedung Graha, Selasa (13/10).

Nur Ikhsan, Ketua LDK mengatakan bahwa tujuan dari seminar akademik ini adalah untuk memotivasi para mahasiswa agar lebih semangat belajar dan memiliki prestasi akademik. “Seminar ini diselenggarakan agar adik-adik termotivasi untuk menjadi mahasiswa yang aktif di organisasi sekaligus mempunyai segudang prestasi akademik,” terang Ihksan. Menurut Ikhsan, kelak setelah para mahasiswa lulus kuliah, mereka akan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan masyarakat secara aktif . Jadi berorganisasi merupakan salah satu cara agar mahasiswa kelak tidak kuper saat terjun di masyarakat.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yang sangat kompeten. Mereka seorang akademisi dengan segudang prestasi dan sangat aktif terjun di organisasi kampus pada masanya. Mereka juga aktif mempublikasikan hasil karya tulis ilmiah dan berbagai penelitiannya. Ridwan Arifin, S.H., LL.M, pasalnya beliau pernah menjadi Mahasiswa Beprestasi Pada Ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas (Universitas Negeri Semarang) pada tahun 2010. Ridwan selaku aktifis yang lebih senior mengingatkan kepada para mahasiswa agar tidak segan-segan untuk bergabung di komunitas yang positif seperti LDK, BEM, UKM, dsb sebagai pendukung aktivitas sebagai mahasiswa.

Menurutnya seorang aktifis khususnya aktifis dakwah sudah seharusnya menjadi rujukan mahasiswa karena dialah sosok ideal bagi mahasiswa. Selain itu mahasiswa memiliki tanggungjawab sosial dimana bukan hanya sekedar kuliah, tapi bermanfaat bagi orang banyak. “Di sinilah pentingnya berorganisasi, untuk membentuk moral dan kewajiban sosial, belajar menjadi pemimpin, mengasah soft skill, memperluas jaringan, sebagai sarana aplikasi ilmu. Mahasiswa itu tidak hanya sekedar kuliah, namun harus bisa memberi banyak manfaat kepada orang lain,” terang Ridwan.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Isnaniah. Beliau merupakan dosen Bahasa Indonesia di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta Selain itu, senada dengan Ridwan, Isnaniah adalah seorang Mahasiswa berprestasi (teladan) tingkat Perguruan Tinggi/ Kopertis seluruh Indonesia pada tahun 2004 dan menjadi juara 1 mahasiswa berprestasi (teladan) tingkat UNS tahun 2004. Beliau dengan segudang prestasi akademik, organisasi, dan publikasi karya juga membagikan tips-tips jitu agar para mahasiswa tidak segan untuk berprestasi sebanyak mungkin dan sedini mungkin. (Humas dan Publikasi)

Komentar ditutup.