Bg

Seminar Studi Gender PSGA IAIN Surakarta

Diterbitkan tanggal 17 September 2015

SINAR – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menggelar seminar studi gender dengan tema “Pekerja Domestik: Prospek dan Tantangan” yang dilaksanakan di Aula gedung Pascasarjana Selasa (15/9).

WORKSHOP studi genderSeminar ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman terhadap para pemerhati masalah perempuan mengenai draft Undang-Undang (UU) pekerja domestik yang akan digulirkan oleh pemerintah, demikian dikatakan Dra. Waryunah Irmawati, M. Hum selaku ketua panitia. Seminar ini diikuti oleh 80 peserta dari berbagai elemen seperti Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KPPKB), tim penggerak PKK, pemerhati perempuan, gabungan organisasi wanita seluruh kabupaten Sukoharjo, dan juga perwakilan dosen dari setiap jurusan yang ada di IAIN Surakarta.

Dalam sambutannya rektor IAIN Surakarta Dr. Mudofir sangat mendukung acara ini mengingat kegitan-kegiatan yang dilakukan PSGA sangat berperan besar karena sebagai pengabdian Perguruan Tinggi kepada masyarakat. Hal ini juga sudah sesuai dengan tugas perguruan tinggi dalam Tridharma berupa pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Seminar ini juga sangat tepat menggingat banyak isu-isu sosial yang terjadi di masyarakat namun kurang mereka pahami, sehingga dibutuhkan pendampingan dan pencerahan, imbuhnya.

Sebagai narasumber dari seminar ini Eci Ernawati seorang penggiat dari Trade Union Right Center sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang Hak Asasi Manusia (HAM) dan Humanisme, serta Abdullah Tri Wahyudi seorang Advokat di AK & Friend Law Office Jawa Tengah mengajak kepada peserta untuk lebih memahami kebijakan yang akan di ambil dengan lahirnya UU Pekerja Domestik terutama terkait dengan perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT). (Humas Publikasi)

Komentar ditutup.