Bg

Siap Dampingi UMKM Dapatkan Sertifikat Halal, Center for Halal Research IAIN Surakarta Gelar Halal Class

Diterbitkan tanggal 7 Maret 2020

SINAR- Center for Halal Research (CHR) IAIN Surakarta melangsungkan Seminar Halal pada Sabtu,  (07/03). Seminar yang mengangkat tema “Persiapan Sertifikasi Halal untuk Warung Makan Sekitar IAIN Surakarta” bertempat di Gedung Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) IAIN Surakarta. Acara ini dihadiri oleh beberapa UMKM di sekitar kampus IAIN Surakarta, dengan pemateri berasal dari anggota CHR.

Kegiatan yang telah dilakukan pada Sabtu ini adalah rangkaian pertama dari Halal Class yang diadakan oleh CHR. Rangkaian kedua, yaitu workshop persiapan sertifikasi halal akan dilaksanakan pada Jum’at (20/03/2020). Pada acara workshop tersebut, perserta akan dilatih mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk sertifikasi halal yang terdiri dari manual halal, matrik bahan dan lain-lain.  

Moh Taufik, M.Si. selaku ketua panitia Halal Class membuka acara dengan memperkenalkan CHR. Taufik menyampaikan bahwa CHR terdiri atas 3 Divisi, yaitu Divisi Penelitian dan Pemeriksa Halal, Divisi Edukasi, dan terakhir adalah Divisi Kerjasama dan Lembaga. Selaku pusat kajian halal di IAIN Surakarta, CHR siap membantu dan mendampingi UMKM untuk persiapan sertifikasi halal.  

Taufik juga mengungkapkan, bahwa seminar ini diselenggarakan mengingat UU Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal yang mulai diberlakukan pada bulan Oktober 2019 lalu. Berdasarkan pasal 4 UU tersebut, dinyatakan bahwa semua produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikasi halal. 

Seminar ini terdiri dari enam topik bahasan yang disampaikan oleh pakar halal dengan berbagai jenis keilmuan, seperti Teknologi Pangan, Bioteknologi, dan Fiqh. Keenam topik tersebut, antara lain (1) Urgensi dan Peraturan Sertifikasi Halal yang disampaikan oleh Nurwulan Purnasari, S.T.P., M.Si. dan Fuad Hasyim, M.E.K. Topik kedua disampaikan oleh Joko Roby Prasetiyo, M.Ag. dan Fathurrohman Husen, M.S.I. berjudul (2) Fiqh Halal dan Haram. Topik ketiga, yaitu (3) Cemaran Produk Turunan Babi yang disampaikan oleh Dita Purwinda Anggrella, M.Pd. dan Ilzamha Hadijah Rusdan, M.Sc. Topik keempat disampaikan oleh Dewi Hambar Sari, M.Biomed. dan Nur Tanfidiyah, M.Pd. dengan judul (4) Cemaran Khamr dan Alkohol.

Setelah isomah, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan tentang (5) Sistem Jaminan Halal oleh Moh. Taufik, M.Si., dan Fathurrohman Husen, M.S.I. Topik terakhir, yaitu (6) Alur Sertifikasi Halal yang disampaikan oleh Angga Dwi Prasetyo, M.Biotech. dan Nurkholis Majid, SE., MM.

Secara umum peserta seminar cukup antusias mengikuti kegiatan ini. Hal  terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. Harapannya dengan adanya acara ini dapat menguatkan wawasan dan keilmuan bagi para UMKM sekitar kampus IAIN Surakarta. (Lan/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.