Bg

SILATNAS SEMA PTKIN se-Indonesia

Diterbitkan tanggal 21 Desember 2020

SINAR– Agenda Silaturrahmi Nasional (SILATNAS) Senat Mahasiswa PTKIN se-Indonesia ke-2 diselenggarakan di IAIN Samarinda yang dibuka oleh Rektor IAIN Samarinda Prof. Dr. H. M. Ilyasin, M. Pd Pada Hari kamis tanggal 17 Desember 2020 dan dihadiri oleh para pimpinan lembaga IAIN Samarinda. Rektor IAIN Samarinda menyambut dengan hangat para peserta SILATNAS SEMA PTKIN se-Indonesia.

Forum Silaturrahmi Nasional SEMA kali ini mengambil momentum yang tepat. Disaat maraknya isu intoleransi, radikalisme dan lain sebagainya di luar sana, SEMA PTKIN mengangkat sebuah tema tentang moderasi beragama yang diharapkan mampu untuk menangkal isu-isu yang ada di Indonesia ini.

Kegiatan ini berlangsung mulai Tanggal 17-20 Desember 2020 dan dihadiri sebanyak 20 kampus PTKIN Se-Indonesia. Rangkaian acara yang dilaksanakan berupa Seminar Nasional yang bertemakan “Integritas Senat Mahasiswa Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di Lingkungan PTKIN”, yang di isi oleh 2 narasumber yaitu Dr. Ruchman Basori M. Pd selaku Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Dirjen Pendis Kementrian Keagamaan, dan Dr. KH. Moh. Mahrus, S. Ag, M. Hi selaku Wakil Dekan 1 FEBI IAIN Samarinda.

Selanjutnya agenda kegiatan tersebut, SILATNAS ini juga merumuskan mengenai AD/ART, pemilihan Koordinator Pusat dan Penentuan tuan rumah RAKERNAS selanjutnya. Setelah menetapkan AD/ART yang diharapkan nantinya akan menjadi sebuah wadah yang sangat penting untuk membicarakan perihal kemahasiswaan di lingkungan PTKIN se-Indonesia.

Untuk pemilihan Koordinator Pusat, Rohmawan (Ketua SEMA IAIN Cirebon) terpilih atas musyawarah SILATNAS ini. “Forum Senat Mahasiswa PTKIN Se-Indonesia ini dapat dimaksimalkan perannya dalam rangka mewadahi SDM unggul Senator Muda yang ada di lingkungan PTKIN dan mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan tujuan bersama Forum tersebut sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh Mahasiswa PTKIN khususnya dan Mahasiswa Se-Indonesia umumnya”, tuturnya.

Rahmiyati sebagai Ketua SEMA IAIN samarinda mengharapkan agar ke depannya Forum SEMA ini tetap solid dan selalu aktif dalam gerakan dan mengawal kebijakan di lingkungan PTKIN se-Indonesia serta kebijakan pada pemerintah di daerah maupun pusat.

Ahmad Arifin selaku Ketua Umum SEMA IAIN Surakarta yang mengikuti SILATNAS SEMA PTKIN se-Indonesia menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini akan lahir ide-ide kreatif, gagasan, konsep, maupun solusi bersama bagi permasalahan yang ada di perguruan tinggi, pemerintahan, maupun masyarakat secara luas. Dengan demikian, kegiatan seperti ini perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik dari mahasiswa, ormawa, pejabat kampus, dan juga pemerintah.

Pada akhir persidangan menetapkan UIN Sultan Thaha Saefuddin Jambi menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional pada bulan 3 mendatang. Agenda SILATNAS SEMA PTKIN ini ditutup oleh Dr. H. M. Abzar D., M. Ag pada sabtu sore di Auditorium 22 Dzulhijah. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada peserta atas partisipasinya untuk mengikuti agenda SILATNAS ini di IAIN Samarinda. (Gie/ Humas Publikasi)

Komentar ditutup.