Bg

Tampil Meyakinkan, Fakultas Syariah Hadapi Tim Asesor BAN-PT Saat Visitasi Re-Akreditasi Prodi HES

Diterbitkan tanggal 24 November 2017

SINAR – Jum’at (24/11), dua Asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT), Prof. Dr. Susiknan Azhari, M.A., (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Dr. Erina Pane, SH.,MH. (UIN Raden Intan Lampung) berkunjung ke IAIN Surakarta untuk melakukan visitasi akreditasi Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi syariah (HES) Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

Akreditasi merupakan bagian dari tolak ukur kualitas dan mutu suatu Program Studi (Prodi) di Perguruan Tinggi. Prodi HES Fakultas Syariah terus berupaya meningkatkan nilai akreditasi.  Setelah tiga tahun lalu, tepatnya tahun 2013  mendapatkan nilai B, kini Prodi yang lulusannya bergelar Sarjana Hukum ini berupaya mendapatkan nilai akreditasi A.

Menurut Dekan Fakultas Syariah Dr. M. Usman, S.Ag., M.Ag. Prodi HES sudah mengalami peningkatan yang signifikan dibanding tiga tahun silam. Mulai dari segi administrasi, SDM, kelengkapan sarana prasarana hingga peminat masyarakat terhadap Prodi HES yang terus meningkat.

Dr. H. Mudofir, S.Ag., M.Pd. juga menyampaikan hal yang senada. Alumni Fakultas Syariah yang kini menjadi Rektor IAIN Surakarta ini menyampaikan bahwa lulusan Fakultas Syariah semakin siap bersaing dan terbukti terserap diberbagai lembaga.

Saat visitasi dan re-akreditasi berlangsung, tampak tim Asesor menanyakan berbagai hal perkembangan dan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen Prodi HES. Ada beberapa standar kelengkapan dokumen yang diperiksa. Diantaranya visi, misi dan sasaran strategis pencapaian Prodi, mahasiswa dan jumlah kelulusan. Kemudian SDM, kurikulum pembelajaran serta penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sementara itu, Masjupri, S.Ag., M.Hum., selaku Ketua Jurusan Prodi HES menjelaskan dan menjawab berbagai pertanyaan tim Asesor saat pemeriksaan kelengkapan dokumen. Ia menjelaskan dengan penuh keyakinan disertai data untuk menunjukkan kepada tim asesor bahwa Prodi HES memiliki kualitas dan mutu yang tidak diragukan lagi.  (Win / Humas Publikasi). #BanggaIAINSurakarta.

Komentar ditutup.