Bg

Tanam Seratus Pohon, UKK KSR IAIN Surakarta Tunjukkan Etika Pergaulan Dengan Sesama Makhluk

Diterbitkan tanggal 8 November 2016

SINAR– Tampak serombongan mahasiswa menanam berbagai jenis pohon di pelataran Gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Aksi tanam pohon ini dilakukan oleh Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela (KSR), Selasa (8/11). Aksi itu dilakukan guna menghijaukan taman di gedung yang baru selesai dibangun tersebut.

Dalam apel pagi sebelum penanaman, Dr. Syamsul Bakri, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyatakan bahwa menanam pohon adalah kegiatan yang sangat penting, namun sering kali diabaikan oleh orang-orang. “Dua tujuan penting dari penanaman ini selain untuk mengurangi polusi juga untuk men-supply oksigen di lingkungan sekitar. Penanaman ini tidak boleh hanya menjadi sebuah rutinitas namun harus dibarengi dengan pemeliharaan,” ujar Syamsul. Ia pun juga menambahkan bahwa menanam pohon menunjukkan sebuah etika pergaulan dengan makhluk lain dan membumikan Islam sebagai rahmatan lil alamin. Itulah cara pandang Islam secara umum.

Denga komando dari Aziz Afiffudin sebagai Komandan UKK KSR dan bekerjasama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL). Seratus bibit yang kami tanam ini merupakan donasi dari BPDASHL. Beberapa jenis pohon yang ditanam adalah glodok pecut, trembesi, sirsak, mete, dan gayam.

Meskipun UKK KSR merupakan UKK yang masih dalam uji coba, namun telah mampu menunjukkan kemandiriannya. (Yin-Gie/Humas Publikasi) #BanggaIAINSurakarta

Komentar ditutup.