Bg

Tanamkan Cinta Tanah Air, DEMA IAIN Surakarta Bersama DEMA FUD Gelar Pelatihan Bela Negara

Diterbitkan tanggal 24 November 2018

SINAR- Sabtu (24/11) Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (DEMA FUD) bersama DEMA Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta  mengadakan kegiatan Pelatihan Bela Negara yang bertajuk “Membentuk Mahasiswa yang dapat Memahami, Melaksanakan, dan Mengamalkan Pancasila dan UUD 1945” di MAN Al-Muttaqien Pancasila Sakti Klaten.

Pelatihan yang dihadiri oleh puluhan mahasiswa ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada hari Jumat (23/11) hingga Ahad (25/11) dengan mendatangkan pemateri-pemateri yang ahli di bidangnya untuk saling berbagi ilmu dan diskusi. Pemateri-pemateri tersebut adalah, M. Zainal Anwar, M. Si (Dosen IAIN Surakarta), K.H Dian Nafi (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mu’ayyad Solo), Romli ( Presma UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta), Catur Budi Prasetyo S.Sos (Ketua DEMA FUD 2015), dan Abraham Zakky Zulhazmi M. Hum. (Dosen IAIN Surakarta).

Ssalah satu pemateri dalam kegiatan tersebut K.H Dian Nafi mengungkapkan, “sifat bela dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam memperjuangkan kelangsungan hidup bangsa dan negara adalah bela negara yang seutuhnya”, ungkapnya.

Pada saat ini banyak sekali generasi muda Indonesia yang jarang ataupun tidak ikut serta dalam bela negara. Zainal Anwar mengatakan, ada dua solusi untuk mencegah penerus radikal ekstrem, yang pertama diperlukan program nyata yang menyasar ke generasi muda, terutama mahasiswa dan pelajar SMA dengan program literasi Islam Santun dan Toleran, lalu yang kedua dengan menyusun langkah taktis agar generasi muda memiliki pengetahuan dan kemampuan memadai untuk menjadi calon pemimpin yang santun dan toleran. (Zat/ Humas Publikasi) #banggaIAINSurakarta #suksesAPT-A

 

 

Sumber: Rosa dan Mey

Komentar ditutup.