Bg

Tiga Calon Rektor IAIN Surakarta Paparkan Visi dan Misi

Diterbitkan tanggal 5 Februari 2015

SINAR – Kamis (5/2) bertempat di aula Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menggelar Rapat Senat Terbuka dengan agenda Penyampaian Visi, Misi, dan Program Kerja Calon Rektor IAIN Surakarta Periode 2015-2019.

Dihadapan para anggota Senat IAIN dan tamu undangan ketiga Calon Rektor dengan hikmat memaparkan visi, misi, dan program kerjanya jika terpilih menjadi Rektor. Bertindak sebagai moderator yaitu Dr. Purwanto, M. Pd., sedangkan panelis yang dihadirkan oleh panitia adalah Prof. Dr. H Iskandar Zulkarnaen, MA (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Prof. Dr. H. Ahmad Rofiq, MA (Sekretaris MUI Jateng dan Guru Besar UIN Walisongo Semarang).

Purwanto selaku ketua panitia mengatakan bahwa rapat senat terbuka ini dibuat menjadi empat sesi. Sesi pertama pemaparan visi dan misi oleh calon Rektor, sesi kedua tanggapan panelis, sesi ketiga tanya jawab, dan jawaban calon Rektor menjadi sesi keempat sekaligus sesi penutup.

IAIN Surakarta menjadi unggul, mendapat pengakuan nasional dan ASEAN dalam bidang pengembangan Islamic studies, riset, dan kelembagaan sehingga mampu berkontribusi nyata bagi kehidupan berbangsa, bernegara, dan bagi peradaban Islam, menjadi visi yang diusung oleh calon Rektor nomor urut satu Dr. Mudofir, S. Ag., M. Pd. Adapun misinya adalah (1) Membangun Kelembagaan IAIN Surakarta yang sehat, efisien, efektif, dan berdaya saing tinggi dalam konteks gerak tumbuh masyarakat modern dan global, (2) Menyelenggarakan academic excellence melalui peningkatan relevansi prodi-prodi dengan lingkungan nasional dan ASEAN, (3) Meningkatkan SDM IAIN Surakarta yang handal, profesional, berwawasan luas, berakhlak mulia dan berdedikasi tinggi, (4) Meningkatkan kontribusi IAIN Surakarta dalam kesejahteraan masyarakat, (5) Mendorong IAIN Surakarta masuk dalam peringkat nasional dan memperoleh pengakuan oleh lembaga yang kredibel.

Dr. H. Imam Sukardi calon Rektor nomor urut dua memaparkan visinya sebagai berikut, Menjadi Perguruan Tinggi Islam yang unggul dan inovatif, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai oleh nilai-nilai agama Islam dan budaya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sedangkan misinya antara lain (1) Menjalankan pendidikan dan pengajaran yang akan mengantarkan mahasiswa untuk memiliki jiwa profesionalisme yang dilandasi akhlak al-Karimah, (2) Mengembangkan keilmuan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, (3) Memberikan kontribusi yang riil terhadap pengembangan wawasan masyarakat, (4) Membangun iklim dan suasana akademik yang demokratis-agamis.

Sementara itu calon Rektor dengan nomor urut tiga yaitu Prof. Drs. H. Rohmat, M. Pd., Ph. D., menjadikan Perguruan Tinggi Islam terkemuka, mengembangkan akademik yang mengabdi kepada kepentingan Islam kebangsaan dengan kemanusiaan, mandiri, dan berakhlak mulia, sebagai visi yang diusungnya. Adapun misi yang dipaparkan yaitu (1) Melaksanakan pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat berwawasan kewirausahaan dengan akhlak mulia, (2) Meningkatkan peran institut pada pembangunan bangsa berlandaskan ilmu keislaman, (3) Melakukan kerjasama berapresiasi nilai-nilai Islam dengan kearifan lokal, (4) Pengelolaan kelembagaan sistem terbuka dengan keteladanan, menciptakan kondisi kerja nyaman, dan pelayanan ramah. (Mahendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.