Bg

Tindaklanjut Kerjasama BIPA IAIN Surakarta dan Kemendikbud RI Buka Peluang Dosen Jadi Pengajar di Luar Negeri

Diterbitkan tanggal 3 Desember 2020

SINAR-Kamis, (3/12) Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) IAIN Surakarta bekerja sama dengan IAIN Surakarta Internasional Office (ISIO) melakukan tindak lanjut perjanjian kerja sama antara BIPA IAIN Surakarta dengan Badan Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Kemdikbud RI serta diseminasi portal BIPA daring. Acara yang dilaksanakan secara luring di gedung P2B IAIN Surakarta dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag., staf koordinator substansi diplomasi kebahasaan ibu Sri Nurasiawati, M.Pd., ketua BIPA IAIN Surakarta ibu Dr. Siti Isnaniah, M.Pd., serta dosen Tadris Bahasa Indonesia, para pengajar dan tutor BIPA IAIN Surakarta.

Secara resmi, acara dibuka oleh Dr. H. Syamsul Bakri, S.Ag., M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerja sama. Dalam sambutannya, Dr. Syamsul Bakri menyambut baik tindak lanjut kerja sama dan diseminasi portal BIPA daring ini. Beliau juga menyampaikan bagaimana pentingnya bahasa yang tidak sekadar untuk komunikasi, akan tetapi bahasa juga digunakan untuk menarasikan hasil riset yang memerlukan ilmu bahasa dalam mempelajarinya.

Selain itu, sambutan oleh ibu Dr. Siti Isnaniah menyampaikan bahwa kerja sama ini sebagai langkah progresif dalam menindaklanjuti program BIPA IAIN Surakarta dengan Badan Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra Kemdikbud RI, salah satunya dengan mengirimkan delegasi dosen Tadris Bahasa Indonesia dan pengajar BIPA IAIN Surakarta sebagai tenaga pengajar BIPA di luar negeri. Beliau juga menyampaikan bahwa kerja sama ini sebagai wujud komitmen BIPA dan ISIO dalam menunjang program wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerja sama menuju UIN tingkat nasional dan internasional.

Dalam acara tersebut ibu Sri Nurasiawati, M.Pd. selaku narasumber menyampaikan tindak lanjut perjanjian kerja sama yang akan diperpanjang, untuk pelaksanaan pengiriman dosen sebagai tenaga pengajar BIPA di luar negeri tahun depan. Beliau juga menyampaikan terkait diseminasi BIPA IAIN Surakarta di portal BIPA daring yaitu di laman https://bipa.kemdikbud.go.id. Lebih lanjut, ibu Sri menjelaskan BIPA Daring yaitu nama aplikasi portal yang dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Satra Kemdikbud RI. Aplikasi tersebut terdiri atas tiga modul yang meliputi (1) Jaga BIPA (jaringan Lembaga Penyelenggara Program BIPA), (2) Bakti BIPA (Serba-serbi Kiprah dan Karya Pemerhati BIPA), (3) Tebar BIPA (Tempat Belajar BIPA). Acara tersebut juga mendiskusikan bagaimana prosedur dalam proses seleksi menjadi pengajar BIPA di luar negeri, skill atau kemampuan apa yang dibutuhkan sebagai pengajar BIPA di luar negeri, pengalaman mengajar BIPA di luar negeri, dan pengembangan lembaga BIPA IAIN Surakarta. Terakhir, dengan adanya tindak lanjut kerja sama dan diseminasi ini harapannya BIPA IAIN Surakarta dapat diakses secara nasional maupun internasional. (Humas dan Publikasi) 

Komentar ditutup.